Wisata Kalsel

Wisata Baru Matang Kaca Kabupaten Banjar akan Dibuka Pemprov Kalsel pada 2023

Wisata Kalsel. Dinas Kehutanan (Dishut) Kalsel akan buka Matang Kaca di wilayah Tahura Sultan Adam Mandiangin, Kabupaten Banjar, pada awal 2023.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/NURHOLIS HUDA
Wisata Kalsel – Jalan mulus di lokasi Bukit Batu, Desa Sungai Luar, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Pada 2023, Dinas Kehutana Kalsel akan buka destinasi baru di seberang Bukit Batu ini, yaitu Matang Kaca. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Wisata Kalsel. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan membuka destinasi wisata baru pada awal tahun 2023, dekat dengan Bukit Batu Sungai Luar, Kabupaten Banjar.

Dinas Kehutanan Kalsel akan membuka tempat wisata baru, lokasinya di seberang Bukit Batu yang tempo hari sempat viral.

"Nama desanya itu Matang Kaca. Tapi kami belum tahu nanti akan memberi nama apa," ujar Kepala Dishut Kalsel, Fatimatuzzahra, Sabtu (26/11/2022).

Pada tempat wisata Matang Kaca, kata perempuan yang akrab disapa Aya ini, terbentang pemandangan yang tak kalah indah. Karena itu, pihaknya akan segera membenahi destinasi baru tersebut 

Baca juga: Personel Vertical Rescue Kabupaten Tabalong Ikut Bersihkan Monumen Tanjung Puri

Baca juga: Pemerintah Kota Banjarmasin Cairkan Dana Bansos Dampak Inflasi dan Kenaikan BBM

"Nanti akan kami sediakan sarana prasarananya. Pastinya, harus bersih," tegas dia.

Dirinya optimis bahwa destinasi wisata baru tersebut akan menyedot banyak pengunjung, seperti halnya Wisata Bukit Batu Kabupaten Banjar yang menurutnya juga memberikan pemandangan yang indah.

Lokasi tempat wisata Matang Kaca berada di seberang tempat Wisata Bukit Batu Kabupaten Banjar.

Menuju ke lokasi itu, pengunjung naik kelotok terlebih dulu. Dengan demikian, menghidupkan pula usaha warga sekitar yang memiliki kelotok.

Baca juga: Pantau Lokasi Banjir, Polres HSU Kalsel Sekaligus Beri Bantuan untuk Warga Terdampak

Baca juga: Temuan Diduga Makam Keramat, Warga Ulu Benteng Kabupaten Barito Kuala Dirikan Bangunan

"Tentu nanti ada pemberdayaan masyarakat. Dengan adanya keberadaan pulau Matang Kaca ini bisa menambah pendapatan bagi masyarakat. Sedangkan untuk Tahura Sultan Adam Mandiangin akan menambah pendapatan bagi daerah," katanya.

Pihak Dishut sudah menginventarisasi lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat wisata tersebut, sehingga pada 2023 dapat dibuka untuk umum.

Pada destinasi Wisata Bukit Batu Kabupaten Banjar  akan dibangun gazebo apung yang  bisa dimanfaatkan pengunjung sebagai tempat untuk memancing.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

  • Berita Terkait :#Wisata Kalsel
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved