Berita HSU

Beberapa Ruas Jalan Berlubang Akibat Banjir di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalsel

Jalan rusak dan berlubang akibat banjir cukup banyak di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jika pada Jalan Nasional, dilaporkan ke BPJN Kalsel.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/RENI KURNIAWATI
Jalan berlubang, diberi kayu, di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (28/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Beberapa ruas jalan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), mengalami kerusakan di tempat yang tergenang air.

Kondisi jalan yang rusak tersebut, beberapa berlubang. Biasanya, kerusakan akan lebih parah ketika terendam. 

Salah satu jalan rusak adalah di wilayah Desa Pamintangan, Kecamatan Amuntai Utara, Kabupaten HSU.

Jalan berlubang cukup lebar dan dalam, sehingga warga memberikan tanda dengan meletakkan tempat sampah dan kayu agar pengguna jalan tidak melewatinya.

Baca juga: Viral Uang Kertas Puluhan Juta Tersimpan di Bawah Rumah di Martapura, Pemilik Dikenal Ulet Bekerja

Baca juga: Ungkap Identitas Mayat Pria di Pelambuan Banjarmasin, Polisi Sebut Tidak Ada Tanda Kekerasan

Baca juga: Cium Bau Tak Sedap, Warga Temukan Pria di Pelambuan Banjarmasin Ini Meninggal di Kamar Sewaan

Penuturan Indah, warga setempat, sebelum banjir, lubang di jalan itu tidak terlalu besar. Namun, setelah terdampak anjir, jadi semakin dalam dan juga melebar.

Sebelum diletakkan tempt sampah dan kayu sebagai penanda di jalan rusak tersebut, banyak pengendara motor  hampir terjatuh karena melindas lubang yang cukup dalam tersebut.

"Lubang di jalan itu awalnya kecil. Saat ini besar, sehingga diberi tanda. Karena, jalan yang berlubang itu dekat dengan jembatan yang cukup tinggi dan biasanya pengguna jalan melintas dengan kecepatan tinggi” ujarnya. 

Sepanjang Jalan Nasional di wilayah Kecamatan Amuntai Utara terdapat beberapa ruas yang berlubang, sehingga pengguna perlu berhati-hati. 

Baca juga: Ungkap Tambang Emas Ilegal di Desa Kiram Kabupaten Banjar, Polhut Dishut Kalsel Amankan Mesin Alkon

Baca juga: Pelaku Pemerkosaan Pakai Muslihat, Rudapaksa Mantan Kakak Ipar di Kontrakan di Banjarmasin

Baca juga: Berkedok Jual Arisan Online, Perempuan Muda di Tabalong Ini Embat Rp 173 Juta dari Korban

Terpisah, Plt Kepala BPBD HSU, Sugeng Riyadi, mengatakan, saat ini masih dilakukan pendataan terhadap infrastruktur yang mengalami kerusakan. Salah satunya adalah Jalan Nasional dan jalan kabupaten.

Perlu bantuan dari aparat desa dan aparat kecamatan untuk melakukan pendataan pada infrastrukrur yang mengalami kerusakan pascabencana banjir di Kabupaten HSU

"Sampati saat ini untuk kerusakan berat tidak ada laporan. Namun karena masih dalam musim hujan, maka kemungkinan debit air sungai kembali naik masih ada, sehingga aparat desa diminta untuk terus waspada dan memberikan laporan data," ujarnya, Senin (28/11/2022).

Ditambahkan Sugeng Riyadi bahwa jalan rusak tersebut sebagian besar ada di lokasi yang terendam akibat luapan Sungai Tabalong dan Sungai Balangan.

Baca juga: Dua BPK di Banjarmasin Dibobol Pencuri, Mesin Pemadam Senilai Rp 45 Juta Raib

Baca juga: Mesin Pompa Air Pemadam Kebakaran Milik BPK di Banjarmasin Raib Digondol Maling

Baca juga:  Keluyuran Saat Jam Kerja, Puluhan ASN di Banjarmasin Terjaring Razia BKD Diklat dan Satpol PP

Ruas jalan yang banyak berlubang adalah di wilayah Kecamatan Banjang dan Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalsel.

Laporan data kerusakan itu, lanjutnya, diteruskan ke pihak terkait. Jika kerusakan teejadi pada jalan kabupaten, maka akan dilaporkan ke Dinas Pekerjaan Umum. Jika pada Jalan Nasional, maka dilaporkan ke BPJN Kalsel

"Jika kerusakan tidak terlalu besar, biasanya dilakukan perbaikan menggunakan dana desa masing masing. Namun untuk perbaikan dengan anggaran yang cukup besar, memerlukan penganggaran di Tahun Anggaran berikutnya," pungkas Sugeng.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved