Bumi Bersujud

Dinas Ketahanan Pangan Gelar Lomba PPL B2SA, Kecamatan Sungai Loban Raih Juara Pertama

Kecamatan Sungai Loban menjadi juara pertama lomba PPL B2SA Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022 yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Tanbu

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
Dinas Kominfo Tanbu
Ketua TP PKK Tanbu Tinjau Hasil Olahan peserta lomba PPL B2SA di Tanbu, Senin (28/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu (DKPP Kab Tanbu), dinaungi oleh Badan Pangan Nasional (Nasional Good Agency (NGA), mengadakan kegiatan Lomba PPL B2SA Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022.

Lomba Pangan Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman), mengusung tema Makan Enak Makan Sehat Makan B2SA. Kegiatan dilaksanakan di depan gedung lama Dinas Ketahanan Pangan, Rabu (23/11/2022).

Ketua pelaksana kegiatan menu B2SA yaitu Kabid Ketahanan Pangan, Erna Kalsum menyampaikan kegiatan ini dilangsungkan bertujuan agar masyarakat di Kabupaten Tanbu, bisa membudayakan pengolahan pangan lokal dengan memperhatikan unsur B2SA, yang memenuhi kandungan karbohidrat dan protein maupun vitamin atau mineral dalam menu makanan sehari-hari.

“Selain itu untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan menu B2SA ini, serta agar mendorong kreativitas masyarakat khususnya ibu rumah tangga, dalam memilih, menentukan menu B2SA berbasis sumber daya lokal,” katanya.

Tim penilai (juri) yaitu dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Ahli Gizi UPTD Puskesmas Binuang dan Tata Boga.

Disamping itu, Juri Kehormatan yaitu Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kab Tanbu, sedangkan peserta merupakan TP-PKK Kecamatan se-Kab Tanbu (12 kecamatan).

Ketua TP-PKK Kab Tanbu, Hj Wahyu Windarti Zairullah menyampaikan, melalui lomba ini diharapkan bahan pangan lokal tidak hanya dimanfaatkan untuk pemenuhan gizi keluarga, tetapi dapat dijadikan peluang usaha dari kreasi menu kearifan lokal.

Ia berharap terkhusus kepada ibu-ibu, dapat meningkatkan pangan keluarga, guna menjadikan keluarga sehat dan bergizi sehingga tidak ada anak yang kekurangan gizi,.

Semisal seperti menu Daun Kelor dan daun Katuk termasuk menu baik yang trendnya tembus hingga ke luar negeri dan juga bisa dimanfaatkan untuk pengolahan pangan baik di rumah.

"Ibu rumah tangga agar bisa cerdas mengelola pangan sehat dari bahan lokal, selain itu kiranya bisa membantu anak-anak yang terkena Stunting, dengan memberikan bantuan pangan menu sehat dan bergizi,” ucapnya.

Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar diwakili oleh Kepala DKPP Tanbu, H Hairuddin membuka secara resmi kegiatan Lomba Menu B2SA.

Ia berpesan untuk perbaiki konsumsi pangan masyarakat menjadi lebih beragam, pola konsumsi sehari-hari harus tepat dengan jumlah gizi yang berimbang. Sehingga konsumsi pangan yang berkualitas dapat mengatasi permasalahan yang ada termasuk Stunting, dengan manfaatkan potensi alam daerah serta membantu pendapatan rumah tangga.

Bupati dibantu oleh jajaran organisasi TP PKK, ingin mensosialisasikan betapa pentingnya konsumsi pangan beragam dan gizi berimbang, aman dan mengutamakan pangan dari sumber daya pangan lokal, sehingga dapat mewujudkan generasi yang cerdas, berkualitas dan berakhlaq mulia.

Setelah dilakulan penilaian, Pemenang Lomba Menu B2SA diraih oleh Kecamatan Sungai Loban sebagai Juara 1. Kecamatan  Angsana Juara 2. Kecamatan satui Juara 3.

Kemudian, Kecamatan Mantewe Juara 4, Kecamatan Karang Bintang sebagai Juara 5.

Pemenang Lomba Menu B2SA ini, mendapat hadiah yaitu sejumlah uang yang telah disiapkan sebagai pembinaan.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua TP-PKK Tanah Bumbu bersama anggota, TP-PKK kecamatan dan desa, Dharma Wanita Persatuan Tanah Bumbu, Dinas Ketanahan Pangan Provinsi, Kepala DKPP Tanbu, Dewan Juri, Ahli Gizi dan Tata Boga bersama tamu undangan. (AOL)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved