HSU Mantap

Kepala Desa Diundang, Upaya Tingkatkan Minat Baca Warga Kabupaten Hulu Sungai Utara

Sebanyak 50 kepala desa mengikuti sosialisasi Dispersip Kabupaten HSU di Amuntai, diharapkan ada Pojok Baca di setiap Kantor Desa.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
DISKOMINFO KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
Sosialisasi Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dikuti 50 orang Kepala Desa, diselenggaraan Dinas Perpustakaan bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, Senin (28/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID,  AMUNTAI - Sosialisasi Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dilaksanakan di Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Perpustakaan, bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten HSU, Senin (28/11/2022).

Hadir pada acara tersebut, Plt Kepala Dinas Perpustakaan, Plt Kepala Dinas PMD Kabupaten HSU dan 50 Kepala Desa.

Ketua panitia kegiatan, Ahmad Farid Wajidi, SSos, MAP, mengatakan, tujuan kegiatan ini menjadikan perpustakaan sebagai bahan rujukan ilmu pengetahuan dan informasi pelaporan di tempat kumpulnya milenial yang intelektual.

Selain itu, mempromosikan perpustakaan sebagai tempat pembelajaran menggali informasi dan tempat edukasi yang nyaman bagi seluruh lapisan masyarakat.

Suasana Sosialisasi Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) di Amuntai Kalsel Senin (28/11/2022).
Suasana saat Sosialisasi Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) yang dikuti 50 orang Kepala Desa, diselenggaraan Dinas Perpustakaan bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, Senin (28/11/2022).

Kemudian, pengelolaan pembudayaan kegemaran membaca sesuai dengan target nasional, yaitu Indonesia cerdas mengarah ke milineal maupun pemuda Kabupaten HSU yang kreatif, edukasi serta bersaing melalui dunia  industri.

Disampaikan pula, bahwa sekarang, perpustakaan sudah bertransformasi. Bukan sekadar tempat membaca, akan tetapi sudah berkegiatan seperti yang ada, di desa adanya inklusi sosial atau lebih dikenal untuk memperdayakan masyarakat.

Kemudian, adanya kerajinan purun, maka perajin bisa memanfaatkan buku-buku di perpustakaan, dapat digunakan sebagai bahan agar produknya dapat ditingkatkan.

Sementara itu, Plt Kepala Dispersip HSU, H Karyanadi, mengatakan, pihaknya ingin melakukan suatu terobosan/.

"Bahwa tingkat kegemaran masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara perlahan akan diubah dari, yang biasanya memegang hp, jadi memegang buku. Hal ini tentu saja ini memerlukan bantuan, terutama kepada Ibu dan Bapak Kepala Desa," urainya.

Foto bersama di tempat Sosialisasi Pembangunan Literasi Masyarakat di amuntai 28112022.
Foto bersama di tempat kegiatan Sosialisasi Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) yang dikuti 50 orang Kepala Desa, diselenggaraan Dinas Perpustakaan bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, Senin (28/11/2022).

Selanjutnya, Karyanadi berharap kepada Kepala Desa agar berkenan menyiapkan Pojok Baca di setiap Kantor Desa.

Tentu saja, hal itu memerlukan dukungan dana dan dukungan moral dari Kepala Desa. 

Menurut Karyanadi lagi, generasi yang saat ini sudah terlanjur memanfaatkan kemajuan teknologi, yang tanpa adanya saringan, perlu diubah. "Perlu kita kembalikan nilai moral mereka," ucapnya.

Sedangkan Plt Kepala Dinas Kabupaten PMD Kabupaten HSU yang diwakili Doni Sofyan Firdaus, SSos, MAP, selaku narasumber, terkait tentang penganggaran perpustakaan desa.

Disampaikan Doni bahwa kegiatan perpustakaan desa boleh menganggarkan dana desanya melalui anggaran peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) warga.

Karena menurutnya, kegiatan tersebut merupakan prioritas penggunaan dana desa untuk Tahun Anggaran 2023.  (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved