Panglima TNI

Ketua Komisi I DPR RI Ungkap Pengganti Andika Perkasa, Jokowi Tunjuk Laksamana Yudo Margono

Pengganti Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI mulai terungkap. Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengungkap nama Laksamana Yudo Margono.

Editor: M.Risman Noor
Capture Youtube BPost
Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Laksamana Yudo Margono menjadi calon pengganti Andika Perkasa untuk jabatan Panglima TNI. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pengganti Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI mulai terungkap. Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengungkap nama Laksamana Yudo Margono.

Nama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI memang menguat.

Selain Meutya Hafid, salah seorang anggota Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin juga mengatakan hal yang sama kalau Presiden Joko Widodo telah menunjuk Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Pergantian jabatan Panglima TNI dilakukan seiring Jenderal Andika Perkasa memasuki masa pensiun.

TB Hasanuddin juga menyampaikan telah mendapatkan informasi tersebut meski Surat Presiden (Surpres) Panglima TNI belum secara resmi diterima DPR dari pihak Istana.

Baca juga: Cerita Saksi Hidup Gempa Cianjur, Warga Sebut Seperti Ledakan Bom

Baca juga: Pria di Bandung Ini Bikin Emosi Hingga Nyaris Dikeroyok Warga, Rudapaksa 2 Anak Kandung Masih Bocah

“Saya dapat informasi bahwa yang ditunjuk itu KSAL. Ya menurut informasi, ya memang aturannya (calon Panglima TNI yang ditunjuk) satu nama,” ujar TB Hasanuddin ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Hal serupa disampaikan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid. Tetapi, ia tak bisa memastikan sepenuhnya kebenaran informasi tersebut.

Pasalnya, Surpres Panglima TNI baru akan diterima pimpinan DPR pada Senin sore ini.

“Kabarnya (yang ditunjuk) Pak Yudo. Saya juga dapat kabar gitu, tapi tetap harus menunggu Surpres-nya ya,” kata Meutya Hafid, Senin.

Meutya juga belum bisa memastikan kapan uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI berlangsung.

Namun, ia berharap agar mekanisme fit and proper test bisa segera dilaksanakan. “Mudah-mudahan bisa pekan ini. Karena kita masih nunggu dari pimpinan di Bamus (Badan Musyawarah DPR) untuk penugasan ke Komisi I,” ujarnya.

Baca juga: Terseret Korupsi Kredit Investasi Fiktif, Oknum Pegawai Bank di Marabahan Dituntut 6 Tahun Penjara 

Diketahui, Yudo Margono memang mengaku telah ditunjuk sebagai calon Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa.

Sebab, masa jabatan Andika Perkasa bakal habis pada Desember mendatang, dan memasuki masa pensiun pada Januari 2023.

Namun, Yudo tak ingin berandai-andai soal programnya ke depan. Sebab, ingin fokus lebih dulu menghadapi fit and proper test di Komisi I DPR.

"Saya enggak mau berandai-andai, tentunya program-program setelah fit and proper test. Setelah itu, kita sampaikan ke teman-teman media," kata Yudo Margono ditemui di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada 24 November 2022.

Sumber : kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved