Kabar DPRD Tanah Laut

Wakil Rakyat Kabupaten Tala Kritik Penambang Baru Bara di Kandangan Lama yang Tak Ada Amdal Lalin

Wakil rakyat di DPRD Kabupaten Tala, pertanyakan Amdal Lalin PT Shore penambang batu bara di Kandangan Lama. Tak ada Amdal, pertamuan akan dilanjut.

Penulis: Idda Royani | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ROY
Tokoh perwakilan warga Kandangan Lama yang menolak tambang, Tamrani, menyalami Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tanah Laut (Tala) setelah Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di gedung dewan di Kota Pelalihari, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (28/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di DPRD Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kota Pelaihari, Provinsi Kalimantan Selatan, membahas persoalan tambang batu bara.

Penambangan dimaksud berlokasi di Desa Kandangan Lama, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tala, Kalsel, Senin (28/11/2022).

Pertemuan selama dua jam lebih, berakhir pukul 13.15 Wita itu berlangsung lancar. 

Para pihak terkait mendapat kesempatan yang sama menyampaikan aspirasi, pendapat/argumen maupun jawaban. Mulai perwakilan warga yang menolak tambang, pemerintahan desa, BPD, kecamatan, hingga perusahaan tambang (PT Shore).

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tala, Yoga Pinis Suhendra, saat memimpin RDPU tersebut juga turut menanyakan perizinan perusaahaan.

Beberapa orang anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tala yang menghadiri pertemuan itu, juga turut menyampaikan saran pendapat.

Ada juga yang mempertanyakan perizinan, setelah pihak PT Shore yang diwakili Bagian Humas menyatakan perizinan telah ada, termasuk Amdal (Analisis Masalah Dampak Lingkungan).

"Amdal Lalin bagaimana, sudah ada atau belum?" tanya H Husnul Fatahillah. 

Humas PT Shore Agus perlihatkan dokumendi DPRD Kabupaten Tanah Laut (Tala) 28/11/2022.
Humas PT Shore, Agus, memperlihatkan beragam dokumen terkait legalitas tambang saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di DPRD Kabupaten Tanah Laut (Tala) di Kota Pelalihari, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (28/11/2022)

Wakil rakyat dari Partai NasDem ini bahkan hingga mengulang pertanyaan, lantaran pihak Humas PT Shore didampingi Bagian Legal tidak langsung menjawab.

Setelah mengecek dokumen-dokumen penting, berupa buku-buku ekstra tebal yang berada di dalam kardus air mineral, Agus (Humas PT Shore) menyatakan Amdal Lalu Lintas (Lalin) belum ada.

"Saat ini sedang diproses," jawab Agus.

Dikatakannya, sementara saat ini, juga sedang tidak ada aktivitas apa pun di lokasi tambang di Kandangan Lama. Kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya masih pada tahap pembukaan lapisan tanah atas atau OB (Over Burden).

Pada pertemuan tersebut, Agus menyatakan PT Shore adalah perusahaan resmi yang mengantongi izin dari pemerintah.

Karena itu, pihaknya berpandangan mestinya tidak ada yang menolak. Apalagi saat ini aktivitas penambangan (eksploitasi) belum dilakukan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved