Berita Batola

Antisipasi Dini Penyalahgunaan Narkotika, BNNK Batola Tes Urine ASN

BNNK Barito Kuala (Batola) gelar tes urine untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Batola

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri
Tes urin dalam rangka deteksi dini penyalahgunaan narkotika, di kalangan ASN di Batola oleh BNNK setempat, Selasa (29/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Guna mengantisipasi adanya penyalahgunaan narkotika di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD, BNNK Barito Kuala (Batola) gelar tes urine untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Disampaikan Kepala BNNK Batola, AKBP Agus Wijanarko, langkah ini sudah dilakukan sejak 2021 lalu. 

Namun karena keterbatasan anggaran, pelaksanaannya belum maksimal dengan menyasar seluruh SKPD yang ada di lingkup Pemkab Batola

Tahun lalu, pihaknya hanya melakukan tes urine di empat SKPD, yakni di Satpol PP, Dinas Sosial, Dispersip dan Kesbangpol. 

Baca juga: Cegah Keterlibatan Pegawai dengan Narkoba, Pemko Banjarmasin Targetkan Ratusan Lagi Tes Urine

Baca juga: 23 Perwira di Polres Balangan di Tes Urine, Kapolres Blak-blakan Ungkap Hasilnya

"Di 2022 ini ada empat SKPD, yaitu di Disporbudpar, Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan dan Dinas PUPR," ungkap Agus, Selasa (29/11/2022). 

Ia pun mengatakan, secara umum potensi penyalahgunaan narkotika itu selalu ada, tidak menutup kemungkinan pula di kalangan ASN, sehingga perlu dilakukan deteksi dini. 

Di 2021, pihaknya menemukan satu orang dengan hasil tes urin positif menggunakan narkoba golongan I. 

Orang yang bersangkutan telah diserahkan ke satuannya untuk mengambil tindakan berupa rehab dan lainnya. 

Di 2022, juga ada ditemukan yang positif menggunakan Benzo, namun keterangannya jelas dengan resep dokter untuk pengobatan sakit yang diderita. 

"Jadi dalam tes dengan tujuh parameter ini memang ada yang masih bisa ditoleransi. Contohnya obat pereda nyeri yang mengandung morfin, tapi lagi-lagi kegunaannya harus jelas," ujar Agus. 

Adapun tiga parameter yang tidak bisa ditoleransi yakni positif menggunakan THC atau ganja MET atau sabu dan MDMA atau ineks. 

Baca juga: Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina Awasi Pelaksanaan Tes Urine Ratusan Anggota Satpol PP

Terkait upaya berlanjutnya tes urin di kalangan SKPD, BNNK Batola juha sudah menjalin koordinasi dengan JP Bupati Batola yang baru, Mujiyat. 

Rencananya, tes urin akan kembali dilakukan dengan skala yang lebih besar, hingga 1000 sampel atau orang. (Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri) 

 

 

 

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved