Berita HSU

Hasil Perbaikan Drainase di Pasar Induk Amuntai Kabupaten HSU Mulai Dirasakan Pedagang

Pemkab HSU perbaiki drainase Pasar Induk Amuntai hingga lebarnya jadi 2 meter sehingga pedagang tak lagi terdampak banjir saat turun hujan deras.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/RENI KURNIAWATI
Bagian drainase pada Pasar Induk di Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (29/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan revitalisasi Pasar Induk Amuntai.

Perbaikan pada pasar yang berada di pusat Kota Amuntai, Kabupaten HSU, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), adalah pada drainase atau saluran air, atap dan plafon, serta cat ulang. 

Saat ini, pengerjaan masih terus berlangsung. Namun untuk perbaikan drainase, tampaknya sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh pedagang. 

Menurut Syahrani, penjual minuman yang menggelar usaha di Pasar Induk Amuntai selama 10 tahun ini, saat puncak penghujan biasanya selalu terdampak banjir. 

Baca juga: Pembakal Antasan Senor Kabupaten Banjar Tanam Padi Tak Pakai Pupuk Kimia

Baca juga: Pengunjung Merasakan Sensasi Petik Melon di Panggung Kabupaten Balangan

Baca juga: Harga Kedelai Tembus hingga Rp 14 Ribu Per Kg di Pasaran Banjarmasin

Namun setelah drainase dibangun, menurutnya, aliran air menjadi lancar. Bahkan saat hujan deras pun, area pasar tidak banyak lagi area yang tergenang. 

"Biasanya selalu banjir. Jangankan saat puncak musim penghujan, saat hujan deras pun bisa banjir. Namun saat ini, saat banyak terjadi banjir di wilayah Kabupaten HSU, di sekitar pasar hanya sedikit area yang tergenang," bebernya. 

Kemudian, Syahrani juga menambahkan, dirinya harus membuat panggung untuk tempat berrjualan karena khawatir terkena banjir. 

"Saluran airnya selebar sekitar dua meter, jadi bisa menampung dan mengalirkan air yang masuk ke daerah pasar," ungkapnya. 

Baca juga: Sayangkan Besaran Kenaikan UMK Kalsel 2023, Kadin Kalsel Berharap Pengusaha Tidak Lakukan PHK

Baca juga: Warga Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu Bersyukur Mendapat Dana BLT BBM

Baca juga: Keberhasilan Budidaya Holtikultura Petani Lokal Berandil Ikut Kendalikan Inflasi di Tabalong

Tak  hanya drainase, bagian depan pasar terdapat seperti ornamen dengan tiangnya yang menambah keindahan bangunan. Ornamen bernilai seniini dipercantik. 

Sebelumnya, bagian tersebut kurang terawat. Karena, bangunan sudah tua, tidak dilakukan pengecatan. namun saat ini tengah dilakukan proses pembersihan ornamen dan memberikan warna dasar putih.

Selain itu, keramik pada lantai yang cukup banyak terlepas, telah dilakukan pula perbaikan, penggantian, pemasangan yang baru.

Revitalisasi pasar dilakukan dengan anggaran Rp 3,1 miliar dan hingga saat ini masih dilakukan pengerjaan.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved