Kriminalitas Kalsel

Nekat Cetak STNK dan Notice Pajak Palsu Motor Curian, Pria Asal HST Kalsel Diringkus Tim Gabungan

Berperen mencetak STNK dan notice pajak palsu motor curian, pria asal HST berinsial MU (41) diamankan Tim gabungan

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Wakapolres Balangan, Kompol Dany memperlihatkan barang bukti hasil cetak STNK dan notice pajak palsu saat press release Polres Balangan di Mako Polres Balangan, Selasa (29/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Terlibat dengan komplotan pencuri motor di Kabupaten Balangan,  MU (41) diamankan oleh Tim gabungan Polsek Paringin beserta Satreskrim Polres Balangan. 

Warga dari Hulu Sungai Tengah (HST) ini, berperan sebagai pencetak  STNK dan Notice Pajak palsu motor curian.

Aktivitas terlarang yang dilakukan MU terungkap saat dilakukan pengembangan kasus pencurian motor yang terjadi di Balangan. Dimana didapati ada tiga tersangka pencuri motor yang diamankan.

Penangkapan terhadap MU dipimpin langsung oleh Kapolsek Paringin, Ipda Eko Budi Mulyono didampingi Kanit Reskrim Polsek Paringin, Bripka Jamaludin dan personel kepolisian lainnya.

Baca juga: Pemalsu STNK Dibekuk Polisi, Pemesannya Sampai Jakarta dan Bandung

Baca juga: Buron Usai Beraksi, Pencuri Motor di Kaltim Ini Diringkus Saat Main Catur

Baca juga: Aksi Pencuri Motor Terekam CCTV, Begini 2 Pelaku di HST Kalsel Gondol Honda Scoopy

MU berhasil dibekuk oleh tim gabungan di kawasan tempat tinggalnya, beserta sejumlah barang bukti yang diamankan, berupa printer, hasil cetak notice pajak dan STNK palsu, komputer, stempel serta perangkat lainnya. 

Dalam press release Polres Balangan yang dipimpin oleh Wakapolres Balangan, Kompol Dany Sulistiono di halaman Mako Polres Balangan, MU dan tiga pelaku pencurian sepeda motor ditampilkan kepada awak media. 

Sejumlah barang bukti yang diamankan, baik sepeda motor hasil curian dan perangkat cetak notice pajak serta STNK palsu diperlihatkan. 

"Kepada para tersangka, sudah dilakukan penyidikan dan untuk pelaku Curanmor dikenakan pasal 263 ayat 2, sementara untuk pembuat STNK dan notice pajak palsu dikenakan pasal 263 ayat 1," kata Kompol Dany. 

Ada 11 unit Ranmor roda dua yang kini telah diamankan di Mako Polres Balangan. 

Kompol Dani menginformasikan, kepada masyarakat yang merasa kehilangan kendaraan bermotornya untuk bisa datang ke Mako Polres Balangan dan membawa STNK serta BPKB untuk kemudian dicocokkan dengan nomor rangka dan nomor mesin. 

Baca juga: Pura-pura Beli Motor, Pencuri Motor di Banjarmasin Nyaris Babak Belur Dihajar Massa

Penangkapan pelaku Curanmor serta barang bukti ini kata Kompol Dany tak lepas dari peran Reskrim Polres Balangan dan merupakan suatu keberhasilan jajaran Reskrim untuk penanganan Curanmor. 

Kompol Dany mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati untuk meletakan kendaraan mereka. Keamanan sepeda motor menjadi perhatian agar meminimalisir adanya kesempatan pencurian.

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved