Advertorial

Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Keperawatan Gigi Bimbing Murid Sabilal Rosyad Merawat Gigi

Poltekkes Kemenkes Banjarmasin di Banjarbaru melaksanakan pengabdian masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sabilal Rosyad

Editor: Hari Widodo
Poltekkes Kemenkes Banjarmasin
Poltekkes Kemenkes Banjarmasin jurusan Keperawatan Gigi di Banjarbaru melaksanakan pengabdian masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sabilal Rosyad. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Jurusan Keperawatan Gigi di Banjarbaru melaksanakan pengabdian masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sabilal Rosyad  Kecamatan  Martapura Barat, Kabupaten Banjar.

Dosen bersama mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini memberikan bimbingan cara menyikat gigi yang baik kepada siswa di MI Sabilal Rosyad.

Tak hanya itu, pada kegiatan ini juga digelar kegiatan penambalan gigi berlubang.

Ketua tim Pengabdian Masyarakat dosen Fahmi Said, S.Si.T., M.Pd mengatakan sasaran kegiatan pengebdian masyarakat dosen diarahkan di lokasi yang berada dibantaran sungai Martapura.

Ia menyebut, ada 4 kelas yang diberikan penyuluhan dan edukasi tentang kesehatan gigi serta dilakukan bimbingan sikat gigi massal, pemeriksaan gigi dan kegiatan penambalan gigi.

Kegiatan, kemudian diakhiri akhiri dengan foto bersama dengan kepala sekolah.

"Jumlah murid yang dilakukan penyuluhan, pemeriksaan, sikat gigi massal dan penambalan berjumlah 100 orang dari kelas III sampai dengan kelas VI , namun untuk kegiatan penambalan yang bisa dilakukan secara langsung sekitar 40 kasus gigi berlubang,"sebutnya.

Poltekkes Kemenkes Banjarmasin jurusan Keperawatan Gigi di Banjarbaru melaksanakan pengabdian masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sabilal Rosyad.
Poltekkes Kemenkes Banjarmasin jurusan Keperawatan Gigi di Banjarbaru melaksanakan pengabdian masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sabilal Rosyad. (Poltekkes Kemenkes Banjarmasin)

Fahmi menambahkan, para murid juga diberikan kenang-kenangan berupa sikat gigi dan pasta gigi, brosur tentang cara menyikat gigi dan flips chart tentang cara memelihara kesehatan gigi dan mulut.

Ia menambahkan, tujuan pengabdian  masyarakat ini adalah selain sebagai tugas  sebagai  dosen dan tanggung jawab dosen dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi juga dalam ikut serta meningkatkan kesehatan gigi masyarakat khususnya murid  Madrasah Ibtidaiyah.

"Selanjutnya kami ingin lebih mengenalkan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin yaitu Jurusan Keperawatan Gigi sebagai pencetak tenaga kesehatan di bidang kesehatan gigi yang kompeten merawat kesehatan gigi dan mulut,"ungkapnya.

pengabdian masyarakat di MI Sabilal Rosyad
Poltekkes Kemenkes Banjarmasin jurusan Keperawatan Gigi di Banjarbaru melaksanakan pengabdian masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sabilal Rosyad.

Kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah Bpk. M. Suriani, S.Pd.I Mengaku anak muridnya mendapatkan pengetahuan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, mendapatkan keterampilan cara menggosok gigi yang baik dan benar dan mendapatkan pelayanan penambalan gigi.

"Kami berharap madrasah kami kembali dikunjungi lagi. Karena, kegiatan ini membantu memberikan kesadaran siswa untuk menjaga kesehatan gigi,"katanya.(AOL)

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved