Berita Kotabaru

Anggota Reskrim Polres Kotabaru Temukan Fakta Banyak Kalangan Menengah ke Atas Memakai LPG Subsidi

Beberapa titik pangkalan LPG di wilayah Kabupaten Kotabaru didatangi petugas Satreskrim

Penulis: Herliansyah | Editor: Eka Dinayanti
Satreskrim Polres Kotabaru
Pengecekan pendistribusian LPG subsidi disalah satu pangkalan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Satreskrim Polres Kotabaru melaksanakan kegiatan pemeriksaan stabilitas harga, upaya pengendalian inflasi daerah.

Selain bahan pangan, kegiatan kali ini dikhususkan untuk ketersediaan LPG 3 kilogram.

Beberapa titik pangkalan LPG di wilayah Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan didatangi petugas Satreskrim, Selasa (29/11/2022) siang.

Pemeriksaan stabilitas harga khususnya LPG bersubsidi itu, oleh enam anggota Satreskrim dipimpin Kanit Reskrim Ipda Surya Bakti Siregar, SIK.

Baca juga: Ancam Pesisir Kotabaru, BPBD Prediksi Banjir Rob Tertinggi Terjadi Pertengahan Desember

Baca juga: Paguyuban ASL dan PBSI Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur Melalui PWI Kotabaru

Kapolres Kotabaru AKBP M Gafur Aditya Siregar, SIK melalui Kasat Reskrim AKP Abdul Jalil, SIK mengatakan selain ketersediaan LPG melon di pangkalan yang tersebar di Kecamatan Pulaulaut Sigam, anggotanya juga memastikan kelancaran distribusi LPG hingga ke pengguna akhir yaitu masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah.

Dari beberapa pangkalan, Kios Eky salah satu pangkalan di bawah naungan agen PT Hj Harmiyani Jailani di Kelurahan Baharu Selatan, Kecamatan Pulaulaut Utara yang didatangi petugas.

Menurut Jalil, distribusi LPG bersubsidi di pangkalan tersebut dengan metode pembagian penggunaan kupon yang dibuat oleh pangkalan agar tepat sasaran dan HET ditetapkan Rp 28.000 per tabung.

Ketentuan harga mengacu pada SK Bupati Kotabaru 188.45/088 KUM Tahun 2022.

Selain itu dilakukan pengecekan di pangkalan Alfadani di bawah agen PT Anggrek Jaya Saripuspita di Kelurahan Kotabaru Hulu, Kecamatan Pulaulaut Utara.

Di pangkalan ini, lanjut Jalil, metode pembelian dilengkapi dengan kupon yang dibuat pangkalan, dengan HET Rp 27.000 per tabung.

Begitu juga di pangkalan Kios Sinar Laut di bawah naungan agen PT Sebuku Zikra Utama Gas di Jalan Titian Beringin, Desa Rampa, Kecamatan Pulaulaut, metode pembelian menggunakan kupon dengan HET Rp 27.000 per tabung.

Di pangkalan Sumber Baru/Go Budi Utomo di bawah naungan agen PT Melati Indah Mandiri, pengambilan menggunakan kupon dengan harga Rp 27.000 per tabung.

Kasat Reskrim menambahkan, hasil pengecekan dilakukan anggotanya di beberapa pangkalan ditemukan, masyarakat ekonomi menengah ke atas yang menggunakan LPG 3 kilogram.

Baca juga: Plat Besi Penyambung Jembatan Rumpiang Batola Mencuat, BPJN Kalsel Segera Perbaiki

Seharusnya alokasinya diperuntukkan untuk masyarakat menengah ke bawah dan usaha mikro.

Hal itu dikarenakan faktor sosial, mereka berdomisili di sekitar pangkalan sehingga merasa berhak mendapat gas tersebut walaupun kondisi perekonomian kategori mampu.

Selain itu disebabkan belum adanya aturan yang mengikat terkait aturan penggunakan gas LPG 3 kilogram yang diperuntukkan khusus masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah.

Di samping itu yang membuat gejolak di masyarakat, pasokan LPG 3 kilogram dari Pertamina tidak ada penambahan.
Sementara jumlah masyarakat yang membutuhkan semakin meningkat.

"Apalagi saat hari besar atau adanya kegiatan masyarakat yang memerlukan LPG," tutupnya.

Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved