Berita Kabupaten Banjar

Dinas Dukcapil Kabupaten Banjar Masih Layani Pembuatan Suket Pengganti Sementara KTP

Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar telah membuatkan 346 Surat Keterangan (Suket) pengganti sementara KTP elektronik.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Warga mengurus dokumen di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (KAlsel), melakukan langkah antisipasi mengatasi kekosongan blangko KTP elektronik.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar, Izwar, mengeluarkan surat edaran bersifat penting yang diumumkan untuk warga  pada 24 November 2022.

Sejak surat bernomor : DC.01/1799/Disdukcapil tersebut diedarkan kepada penduduk, layanan KTP elektronik untuk ganti yang rusak atua perubahan data, dapat dilayani dengan identitas kependudukan digital atau Surat Keterangan ( Suket ). 

Keberadaan Suket tersebut, sesuai surat edaran, kedudukan hukumnya sama dengan KTP elektronik. Hanya saja, berbatas waktu hingga 5 Januari 2022. 

Baca juga: Bayi Dibuang di Palam Kota Banjarbaru Kini Dirawat di Panti Dinsos Kalimantan Selatan

Baca juga: Jasad Bayi Lelaki Mengapung di Kolong Rumah dekat Kampung Biru Banjarmasin

Baca juga: Penipu Mengaku Perempuan dan Bersedia Dinikahi, Kuras Duit Warga Kotabaru Kalsel Rp 300-an Juta

Uniknya, justru permintaan Suket banyak dilayani petugas Disdukcapil Banjar. Bahkan ingga 28 November 2022 sudah mencapai 346 Suket.

Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan pada Disdukcapil Banjar, Hayatun Nufus, saat dikonfirmasi, membenarkannya.

"Sejak 28 November hingga saat ini sudah dicetak sebanyak 346 Suket dan warga yang install Digital ID sebanyak satu orang," sebutnya.

Menurutnya, bagi warga yang mau memasang identitas kependudukan digital (Digital ID), harus menyiapkan nomor telepon dan email.

Baca juga: Penemuan Mayat Anak Laki-Laki di Sungai Kelayan Banjarmasin, Polair: Keluarga Menolak Visum

Baca juga: Tertangkap Mencuri Handphone di Lapangan Lambung Mangkurat HSS, Pemuda Ini ternyata Sedang Mabuk Lem

Baca juga: Curi Handphone di Rumah Mantan Bos, Pria di Banjarbaru Digulung Petugas Polres Banjarbaru

"Untuk layanan Digital ID, telah disiapkan operator di Kantor Induk Disdukcapil Kabupaten Banjar dengan jam layanan pukul 08.30 hingga pukul 16.00 Wita," katanya.

Masih kata Hayatun Nufus, dalam waktu dekat ini, spanduk sosialisasi layanan Digital ID akan dipasang di enam lokasi.

Dia merinci, yaitu di Kantor UPT Kependudukan Kecamatan Gambut dan UPT Kependudukan Kecamatan Mataraman, Plaza Pelayanan Publik di Kecamatan Simpang Empat dan Plaza Pelayanan Publik di Kecamatan Gambut.

"Dua spanduk lagi dipasang di Mall Pelayanan Publik Barokah dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved