Berita HST

Gerobak Baca di Perpustakaan SMPIT AL Khair Barabai, Siswa Bisa Membaca Buku Sambil Ngemil

SMP Islam Terpadu Al Khai Barabai di Kabupaten HST sediakan Gerobak Baca di halamannya, dikelola siswa Duta Literasi, pengunjung bisa sambil ngemil.

Penulis: Hanani | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
Gerobak Baca di halaman SMPIT Al Khair di Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (30/11/2022). Salah satu upaya meningkatkan minat literasi siswanya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Upaya meningkatkan minat baca terus dilakukan di sekolah-sekolah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Salah satunya, SMP Islam Terpadu Al Khai Barabai, Kabupaten HST. Sekolah ini melakukan inovasi, menyediakan pelayanan baru perpusatakaan lebih fleksibel dan kekinian dengan membuat Gerobak Literasi atau Gerobak Baca.

Di Gerobak Baca, selain buku pengetahuan umum, juga tersedia cerita fiksi dan non fiksi. Untuk memberi kenyamanan, gerobak baca ditaruh di halaman sekolah, depan ruang perpustakaan sekolah.

Di sekitar gerobak, juga disediakan meja dan bangku ala kafe, sehingga anak-anak bisa nongkrong sambil membaca. Juga boleh sambil minum dan makan camilan.

Di dekat Gerobak Baca tersedia makanan dan minuman yang dijual di kantin sekolah.

Baca juga: Resmikan SPBU BBM Satu Harga di Desa Muning, Bupati HSS Imbau Warga Berhemat

Baca juga: Sejumlah Warung Kecil di Kabupaten HST Kalsel Dapat Bantuan Sembako Kurangi Dampak Inflasi

“Dengan Gerobak Baca ini, siswa bisa lebih santai membaca dan mengisi waktu luang di saat istirahat. Khususnya bagi mereka yang malas lepas sepatu jika ke ruang perpustakaan,” kata Kepsek SMPIT Al Khair Barabai, Norliani, Rabu (30/11/2022).

Namun, di Gerobak Baca pada sekolah di Kota Barabai, Kabupaten HST, ini hanya boleh membaca di tempat. Jika ingin meminjam buku untuk dibawa pulang ke rumah, tetap harus melalui perpustakaan sekolah.

Gerobak Baca tersebut, jelas Norliani, dikelola oleh 10 orang Duta Literasi yang sudah dipilih dari kalangan siswa.

“Merekalah yang menyosialisasikan dan mengajak teman-temannya agar datang ke Gerobak Baca sambil bersantai,”katanya.

Sebelumnya, sekolah juga telah menyediakan Perpustakaan Digital melalui Google Sheets yang bisa diakses para siswa maupun guru dan staf secara online. Koleksi buku digital, terbilang lengkap. Tersedia semua genre buku.

Baca juga: Lampu Merah di Paliwara Kabupaten Hulu Sungai Utara Segera Beroperasi Kembali

Baca juga: Akses Jalan Rusak, Warga Dusun Kedayang HSS Kalsel Berjalan 16 Km Tandu Warga yang Sakit

“Ada buku koleksi, foto kegiatan sekolah, koleksi buu baru, majalan digital, karya guru dan karya siswa. Termasuk dokumentasi berita-berita banjarmasin post, baik dari portal online maupun koran cetak,” kata Norliani.

Di Perpustakaan Digital juga ada publis media sosial SMPIT Al Khair melalui Facebook, Youtube dan Instagram.

Tersedia pula semua informasin tentang sekolah hingga kamus digital. Koleksi buku semua genre juga dimiliki di ruang perpustakaan non digital.

Termasuk, karya guru dalam bentuk buku dan karya siswa uang juga diarsipkan. Seperti ucapan-ucapan hari guru, membuat gambar animasi, puisi hingga cerpen.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved