Berita Banjarmasin

Kapolda Optimistis Mako Polda Kalsel Baru Bisa Diresmikan Januari 2023

Saat ini lokasi rumah dinas Kapolda dan Wakapolda Kalsel di Banjarbaru sudah dipastikan dan segera dilakukan pembangunan.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti
humas polda kalsel
Kapolda Kalsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi dan jajaran meninjau dan mengevaluasi progres pembangunan Gedung Utama Mako Polda Kalsel di Banjarbaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tersisa kurang lebih satu bulan di Tahun 2022, pembangunan fisik Mako Polda Kalsel yang baru di Kota Banjarbaru terus mengalami kemajuan.

Terutama pada bangunan Gedung Utama, pengerjaan struktur gedung hampir seluruhnya rampung dan memasuki tahapan penyelesaian atau finishing.

Dalam pengecekan dan evaluasi yang dilaksanakan Kapolda Kalsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi bersama jajaran belum lama ini, terlihat sejumlah ruangan sudah dipasangi keramik pada bagian lantai.

Dinding-dinding gedung juga sudah dicat warna krem khas warga gedung kantor Kepolisian.

Baca juga: Silaturahmi Kapolda Kalsel Irjen Andi Rian R Djajadi ke BPost, Ungkapkan Ingin Perluas Cakupan ETLE

Baca juga: Sempat PJJ Karena Scabies, Puluhan Siswa SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin Kembali Masuk Sekolah

Irjen Andi Rian mengatakan, progres pembangunan berlangsung cukup lancar dan dalam koridor target serta perencanaan.

Ia optimistis di Bulan Desember Tahun 2022, pengerjaan fisik tahap awal bisa diselesaikan.

"Mudah-mudahan di Bulan Januari bisa diresmikan oleh Pak Kapolri," kata Irjen Andi Rian.

Ini disampaikan Kapolda Kalsel di sela kegiatan silaturahmi di Kantor Banjarmasin Post Group, Jalan AS Musyaffa, Banjarmasin Kalsel, Rabu (30/11/2022).

Tak cuma Mako Polda Kalsel yang baru, secara simultan langkah-langkah untuk memindahkan rumah dinas dan asrama personel Polda Kalsel juga diupayakan.

Saat ini lokasi untuk rumah dinas Kapolda dan Wakapolda Kalsel di Banjarbaru juga sudah dipastikan dan segera dilakukan pembangunan.

"Kalau personel Polda Kalsel sekitar 2.200 orang dipindah, tentu akan menggerakkan juga ekonomi masyarakat di Kota Banjarbaru. Karena di sana juga sudah Ibu Kota Provinsi," kata Kapolda Kalsel.

Mengacu pada perencanaan dan maket yang telah dibuat, di atas lahan seluas 10.600 meter persegi Mako Polda Kalsel yang baru nantinya akan memiliki 33 poin saranana-prasarana utama dan fasilitas penunjang.

Baca juga: Penemuan Mayat Anak Laki-Laki di Sungai Kelayan Banjarmasin, Polair: Keluarga Menolak Visum

Sarana dan prasarana utama termasuk Gedung Utama tempat Kapolda dan Wakapolda Kalsel berkantor dan juga kantor satuan kerja (Satker) pembantu tugas Kapolda seperti Biro Rena, SDM, Logistik dan lainnya.

Selain itu tentunya ada pula kantor Satker-Satker pelaksana tugas utama Kepolisian seperti Ditreskrimum, Ditreskrimsus, Ditresnarkoba, Ditsamapta dan yang lainnya.

Sedangkan pada sarana-prasarana penunjang, Mako Polda Kalsel direncanakan memiliki gedung aula, lapangan hitam, gudang senjata, gudang pakaian, masjid, barak Samapta, tower telekomunikasi dan kantin.

( Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved