Wisata Kalsel

Makin Parah, Kerusakan Jalan Nasional di Wisata Siring Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel

Makin banyak lubang di ruas Jalan Nasional atau Jalan Trans Kalimantan di Wisata Siring Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalsel.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MAN HIDAYAT
Lubang-lubang di ruas Jalan Nasional atau Jalan Trans Kalimantan kawasan wisata Siring Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (30/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Sudah beberapa bulan, kondisi ruas Jalan Nasional di kawasan Wisata Siring Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), banyak yang berlubang.

Kawasan Wisata Siring Pagatan ini ada di wilayah Desa Sungai Lembu, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanbu, Provinsi Kalsel.

Jalan Nasional atau Jalan Trans Kalimantan ini ada pada jalur Kabupaten Tanbu ke Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Provinsi  Kalimantan Timur (Kaltim).

Kondisi jalan rusak parah ini menjadi keluhan bagi pengendara, warga, hingga para pedagang kuliner. 

Baca juga: Jalan Longsor di Tanahbumbu, Perkerasan pada Jalur Alternatif di Kabupaten Tanbu Capai 90 Persen

Baca juga: Kepergok Saat Beraksi Mencuri HP di Peringatan HUT Kab HSS, Pria Ini Selamat dari Amuk Massa

Baca juga: Bayi Dibuang di Palam Kota Banjarbaru Kini Dirawat di Panti Dinsos Kalimantan Selatan

Saat hujan, seperti banyak kubangan dari diamater kecil hingga yang besar. Tak sedikit yang lubangnya dalam, sehingga mobil yang bagian bawahnya rendah akan terbentur. 

Namun, keluhan dari berbagai lapisan masyarakat tersebut belum ada tindak lanjut dari pihak terkait, dalam hal ini Balai Pelaksana Jalan Nasional Kalimantan Selatan ( BPJN Kalsel) di Banjarmasin. 

Seorang warga Batulicin, Kabupaten Tanbu, Arfan, mengeluhkan kondisi jalan rusak tersebut setelah beberapa hari belakangan sering ke Banjarmasin. Melewatinya sangat sulit, demi menghindari lubang. Terlebih saat hujan. 

"Saya mengendarai Avanza, hampir tersangkut di lubang yang besar. Kalau tidak menghindari dan melewati itu, sudah pasti bagian bawah mobil terkena pinggiran lubang," tuturnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca juga: Penipu Mengaku Perempuan dan Bersedia Dinikahi, Kuras Duit Warga Kotabaru Kalsel Rp 300-an Juta

Baca juga: Penemuan Mayat Anak Laki-Laki di Sungai Kelayan Banjarmasin, Polair: Keluarga Menolak Visum

Baca juga: Jasad Bayi Lelaki Mengapung di Kolong Rumah dekat Kampung Biru Banjarmasin

Dia sangat menyayangkan karena Jalan Nasional ini merupakan Jalan Trans Kalimantan yang hendak ke Kaltim. Terlebih, berada di kawasan Wisata Siring Pagatan

"Rata-rata jalan di wilayah Kabupaten Tanbu banyak yang rusak. Harusnya, pemerintah mendesak pihak terkait agar segera memperbaiki jalan itu, " katanya. 

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Lembu, Dirhamsyah, juga mengeluhkan keadaan jalan di tempat wisata itu yang kondisinya kian hari makin parah. 

"Kondisi jalannya masih banyak berlubang, belum ada perbaikan," ceplosnya.

Baca juga: VIDEO Tangki Modifikasi BBM Dipotong, Kejari HST Kalsel Musnahkan Aneka Barang Hasil Tindak Pidana

Baca juga: Kecelakaan di Kalsel - Pengendara Motor di Angsau Pelaihari Terpental di Depan Ban Truk

Baca juga: Pengembangan Kasus, Satresnarkoba Polres Batola Bekuk Dua Pelaku Miliki Sembilan Paket Sabu

Sebelumnya, ia menceritakan pengalamannya membawa anak-anak ke masjid. Pakaian mereka jadi kotor terkena cipratan lumpur.

Ia juga mengatakan pedagang kuliner juga mengeluh karena keadaan tersebut. Saat hujan, jalanan becek. Saat cuaca panas, berdebu. Usaha berjualan di tempat Wisata Siring Pgatan ini jadi serba susah dengan situasi seperti itu.

Terpisah, Koordinator Lapangan BPJN Ruas Batulicin, Uwai, Rabu (30/11), saat dikonfirmasi, mengatakan, sudah menyampaikan kondisi jalan setempat ke kontraktor untuk segera memperbaikinya. 

"Kami sudah koordinasikan ke pihak kontraktor pelaksananya. Jawabannya, setelah pengerajaan ruas 11 selesai, akan geser ke Siring, " katanya singkat.

(Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved