Tabalong Terdepan

Peringati Hari Jadi ke-57, Bupati H Anang Ucapkan Terima Kasih untuk Penuntut Berdirinya Tabalong

Bupati H Anang Syakhfiani pimpin peringatan Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke-57 pada 1 Desember 2022 di Taman Giat, Kota Tanjung., Kalsel.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Bupati H Anang Syakhfiani saat pimpin upacara peringatan Hari Jadi ke-57 Kabupaten Tabalong di Taman Giat Kota Tanjung, Kalimantan Selatan, Kamis (1/12/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Upacara peringatan Hari Jadi ke-57 Kabupaten Tabalong tepat di tanggal terbentuknya pada 1 Desember, digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong di Taman Giat, Kota Tanjung.

Seperti pada tahun sebelumnya, Taman Giat Kota Tanjung dipilih karena lokasi ini memiliki nilai sejarah dalam berdirinya Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Di lokasi inilah, pada 1 Desember 1965 pukul 11.00 pagi, Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah saat itu, Dr Soemarno Sosro Atmodjo, dengan disaksikan puluhan ribu warga Kabupaten Tabalong dan pejabat-pejabat tinggi Kalsel, melakukan peresmian.

Ditandai dengan membuka papan nama yang diselubungi kain beludru hijau dengan untaian sutra kuning keemasan, di papan nama itu terdapat kalimat, “DAERAH TINGKAT II TABALONG DIRESMIKAN 1 DESEMBER 1965.″

Dalam peringatan Hari Jadi ke-57, upacara dipimpin Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dan turut dihadiri keluarga ahli waris penuntut berdirinya kabupaten ini.

Bupati tabalong H Anang Syakhfiani tandatangani prasasti Kamis (01/12/2022).
Bupati H Anang Syakhfiani tandatangani prasasti peresmian di rangkaian peringatan Hari Jadi ke-57 Kabupaten Tabalong di Taman Giat Kota Tanjung, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (1/12/2022).

Nampak pula hadir, Wakil Bupati Tabalong H Mawardi, forkopimda, pimpinan isntansi, perbankan, perusahaan, kepala SKPD dan pejabat lainnya di lingkup pemkab.

Berlangsung sederhana, upacara peringatan ini berlangsung khidmat dengan deretan baner berisi foto para penuntut dan bupati terdahulu turut menghiasi area pelaksanaan.

"57 tahun yang lalu di tempat ini, setelah melalui porses yang panjang dan dihantui oleh segala keterbatasan akhir Menteri Dalam Negeri meresmikan daerah otonom Kabupaten Tabalong 1 Desember 1965 berpisah dari Kabupaten hulu Sungai Utara," ujar bupati.

Berpisahnya Kabupaten Tabalong dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), tentu atas dasar keyakinan dari para penuntut kabupaten yang yakin dan optimis bahwa Tabalong ini menjadi daerah otonom yang akan berkembang di masa depan.

Bahkan menurut Bupati Anang, akumulasi pemikiran dari penuntut kabupaten tentang Tabalong Terdepan ini dari pemahamannya sudah tersirat dari simbol huruf T yang dulunya ada di bagian depan bangunan kantor bupati 1970-an.

Bupati H Anang Syakhfiani tabur bunga di makam penuntut berdirinya Kabupaten Tabalong 01122022.
Bupati H Anang Syakhfiani bersama isteri tabur bunga di makam penuntut berdirinya Kabupaten Tabalong, Kamis (1/12/2022).

"Tahun 2016 saya berpikir, kemudian 2017 ada isyarat ternyata T itu adalah akumulasi dari pemikiran para penuntut kabupaten yang berhasil diterjemahkan Bupati Tabalong waktu itu, Pak Usman Dundrung, T itu adalah terdepan," ucap Anang.

Sehingga sejak 2016, lanjut Anang, pihaknya mulai meluncurkan Tabalong akan dijadikan sebagai kabupaten terdepan, tidak saja di Kalsel tetapi di pintu gerbang IKN.

Untuk itu, secara khusus dirinya saat itu juga langsung menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga penuntut Kabupaten Tabalong.

Masih menurut Bupati, tema Hari Jadi ke-57 Tabalong, Kerja Bersama Wujudkan Tabalong Sebagai Serambi Depan Kalimantan Selatan, Penyangga Ibu Kota Negara, bukan hanya sekadar tema.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved