Berita Banjarmasin

Terdampak Banjir Rob di Banjarmasin, Jalan Lingkungan di Alalak Utara Dua Bulan Terendam

Warga di Jalan AMD Limau 3 khususnya di Komplek Banjar Jaya Sejahtera Blok F RT 47 Kelurahan Alalak Utara keluhkan dua bulan jalan terendam

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Jalan di Blok F Komplek Banjar Jaya Sejahtera RT 47 Kelurahan Alalak Utara Kecamatan Banjarmasin tergenang, Jumat (2/12/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Warga di Jalan AMD Limau 3 khususnya di Komplek Banjar Jaya Sejahtera Blok F RT 47 Kelurahan Alalak Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara mengeluhkan jalan di lingkungannya.

Pasalnya, jalan utama di Blok F ini terendam hampir kurang lebih dua bulan terakhir, terlebih saat adanya air laut pasang atau banjir rob.

Dari pantauan banjarmasinpost.co.id di lokasi, Jumat (2/12/2022) siang, jalan utama di Blok F ini memiliki panjang sekitar 550 meter dan hampir setengahnya dalam kondisi tergenang dengan ketinggian air hingga di atas mata kaki orang dewasa.

Selain tergenang, jalan sendiri terbilang rusak karena hanya berupa urukan tanah dan juga batu sehingga permukaan jalan pun bergelombang bahkan berlubang.

Baca juga: Terdampak Curah Hujan Tinggi dan Banjir Rob, Tanaman Sayur di Batola Terendam

Baca juga: Banjir Rob di Banjarmasin Rendam Kawasan Wisata Religi Kubah Basirih, Berlangsung Tengah Malam

Warga pun yang melalui jalan yang tergenang ini, khususnya menggunakan kendaraan roda dua, harus ekstra berhati-hati.

"Kadang ada yang terjatuh saat berkendara melewati jalan ini," ujar Ketua RT 47, Rohamin.

Dibeberkan oleh Rohamin bahwa memang awalnya jalan tersebut diinisiasi oleh pihak pengembang perumahan sebagai akses untuk warga.

Namun warga pun kemudian berinisiatif untuk menguruk material baik berupa tanah dan batu hingga bisa dilalui kendaraan bermotor seperti saat ini.

Jalan ini pun kemudian diketahui sudah diserahkan atau dihibahkan oleh pengembang perumahan kepada Pemko Banjarmasin.

Hanya saja, lanjut Rohamin, sampai saat ini belum juga ada penanganan dari Pemko Banjarmasin hingga jalan ini pun terus terendam.

"Kalau air sungai pasang normal saja biasanya tenggelam. Apalagi kalau musim banjir rob ini, dan ditambah hujan maka genangannya akan lebih tinggi lagi," katanya.

Rohamin menambahkan jalan ini sendiri terbilang sangatlah penting bagi warga, karena menjadi akses utama menuju ke beberapa blok rumah warga.

"Kasihan para ibu-ibu kalau pagi-pagi biasanya melalui jalan ini untuk mengantar anak sekolah. Apalagi kalau musim banjir rob ini, pagi-pagi ketinggian air masih sekitar 50 cm," katanya.

Diungkapkan juga oleh Rohamin bahwa warga pun sudah beberapa kali mencoba mengusulkan agar jalan ini diperbaiki. Termasuk dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kecamatan.

"Tapi sampai sekarang belum juga diperbaiki, bahkan informasinya akan ditinjau ulang usulannya," jelasnya.

Baca juga: Banjir Rob, SDN Pemurus Baru 3 Banjarmasin Sempat Terapkan Pembelajaran Jarak Jauh

Rohamin pun mewakili warganya berharap Pemko Banjarmasin khususnya melalui instansi terkait bisa memperbaiki jalan ini.

"Kami berharap segera diperbaiki dan juga ditinggikan agar tidak selalu tergenang. Ini saja sudah lebih sebulan terendam dan sangat menganggu aktivitas warga," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved