Berita Banjarmasin

Empat Murid SDN Kelayan Selatan 1 Kota Banjarmasin Terkena Scabies

Sebanyak 4 murid SDN Kelayan Selatan 1 Kota Banjarmasin terserang scabies di tangan, jemari dan kaki, berobat ke puskesmas dan dokter.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Murid perlihatkan jemari tangan yang terkena scabies kepada seorang gurunya di SDN Kelayan Selatan 1, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (3/12/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Setelah SDN Alalak Utara 3, penyakit kulit menular, yakni scabies, rupanya juga menyerang murid di SDN Kelayan Selatan 1 Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Meskipun demikian, jumlah murid yang terkena scabies di SDN Kelayan Selatan 1 Banjarmasin ini hanya empat anak. Sedangkan di SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin mencapai 32 anak.

Murid yang terkena scabies, rata-rata pada bagian tangan dan jari. Selain itu, ada juga yang terkena di bagian kaki. Dan,  kondisinya masih belum sembuh.

"Ada empat murid yang terkena scabies dan sudah ada yang berobat ke puskesmas dan ada yang ke dokter praktik juga," kata Asiati, Plh Kepala SDN Kelayan Selatan 1 Banjarmasin.

Baca juga: Gempa Berkekuatan Magnitudo 6,4 Guncang Garut Jawa Barat, Getaran Terasa hingga Ciamis dan Tasik

Baca juga: Sempat PJJ Karena Scabies, Puluhan Siswa SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin Kembali Masuk Sekolah

Baca juga: Puluhan Murid di SDN Alalak Utara 3 Kota Banjarmasin Terserang Scabies

Dia menambahkan, pihak sekolah pun sempat mengarahkan murid yang terkena scabies ini untuk menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

"Kemarin, murid yang terkena scabies sempat menjalani Pembelajaran Jarak Jauh, tapi sekarang sudah diperbolehkan masuk ke sekolah karena sedang ulangan," jelasnya.

Meskipun murid yang terkena scabies ini diizinkan kembali masuk sekolah dan dalam kondisi belum sembuh, Asiati membeberkan, dengan catatan tidak melakukan banyak kontak badan.

"Karena scabies ini menular, makanya kami minta murid untuk mengurangi kontak dengan teman-temannya," beber dia.

Baca juga: Haul ke-3 Guru Syahdi di Tabukan Batola, Ribuan Jemaah Hadir Mendoakan

Baca juga: Peti Kemas Terjatuh di Kabupaten Tapin, Lalu Lintas Sempat Macet Total di Jalan Trans Kalimantan

Baca juga: Banjir di Kalsel, Kebun Karet Terendam Hambat Petani Kabupaten Barito Kuala untuk Menyadap

Sekolah ini terletak di Jalan Tembus Mantuil, Gang Sartika RT 18 No 61, masuk dalam wilayah pelayanan Puskesmas Pekauman.

Ketika dikonfirmasi terkait adanya siswa yang terkena scabies ini, Kepala Puskesmas Pekauman, dr H Abdul Hakim,  bernjanji segera menindaklanjuti.

"Akan kami informasikan ke tim puskesmas kami dan akan berkoordinasi dengan sekolahnya untuk kunjungan ke sekolah," janji dia.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved