Berita HSS

Peringatan Puncak Hari Jadi ke-72 Kabupaten Hulu Sungai Selatan Digelar di Kota Kandangan

Peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten HSS di Kandangan dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Bupati H Achmad Fikry, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad.

Penulis: Eka Pertiwi | Editor: Alpri Widianjono
DISKOMINFO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
Gubernur H Sahbirin Noor (empat dari kanan), Bupati H Achmad Fikry (lima dari kanan), Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, beserta istri masing-masing saat menghadiri peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) di Lapangan Lambung Mangkurat, Kota Kandangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (3/12/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Peringatan puncak Hari Jadi ke-72 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengusung tema Gawian Manuntung Barataan Himung, berjalan dengan penuh kebahagiaan dan meriah.

Kegiatan berlangsung di Lapangan Lambung Mangkurat, Kota Kandangan, Kabupaten HSS, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (3/12/2022).

Sebelum acara dimulai, ditampilkan Tari Dindang Marajut dari Posko La Bastari Kandangan binaan Dinas Pendidikan HSS. Dilanjutkan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Bergerak.

Dilaksanakan pula, pembacaan ayat Suci Al-Qur'an oleh Juara Terbaik I MTQ Nasional golongan Qiraat Mujawwad Putra,  yaitu Qori Kamarudin, dan saritilawah oeh Nadia Jauhartini.

Kemudian, pembacaan doa oleh TGH Ahmad Syairazi, pimpinan Pondok Pesantren Dalam Pagar Kandangan.

Baca juga: Tercebur ke Sungai di Kupang Nunding Kabupaten Tabalong, Pria Ini Ditemukan Meninggal

Baca juga: Pelaku Perkelahian di Pangkalan Pamasiran Tabalong Dibekuk, Tiga Korban Luka dan Satu Meninggal

Memasuki acara utama, Ketua DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan, H Akhmad Fahmi, membacakan riwayat singkat Hari Jadi HSS. Kemudian, penayangan Video Selayang Pandang HSS yang disiapkan Dinas Kominfo HSS.

Acara dirangkai dengan pemberian Piagam Penghargaan dari Gubernur Kalsel untuk Pemkab HSS.

Adapun penghargaan yang diserahkan, yaitu predikat A Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah untuk Sakip Award 2021 dari Kementerian PANRB yang merupakan satu-satunya kabupaten dari Provinsi Kalsel.

Kemudian, Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, atas penanggulangan kemiskinan saat pandemi Covid-19, satu-satunya di Indonesia yang angka kemiskinannya menurun. 

Lalu, HSS masuk 10 besar kabupaten terinovatif di Indonesia sejak 2019 -2021 dari Kementerian Dalam Negeri.

Baca juga: Mayat Pria di Cempaka Banjarbaru Ternyata Korban Lakalantas Tunggal

Baca juga: Penumpang Mobil Tewas di Jalan A Yani Bawahan Selan Kabupaten Banjar Kalsel

Baca juga: Peti Kemas Terjatuh di Kabupaten Tapin, Lalu Lintas Sempat Macet Total di Jalan Trans Kalimantan

Hal itu pada Penghargaan Innovative Government Award. Penghargaan 5 Terbaik se Indonesia SP4N Lapor pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik yang diselenggarakan Kementerian PANRB. 

Terlahir, penetapan RSUD Brigjend H Hasan Basry di Kota Kandangan sebagai rumah sakit pendidikan satelit dari Kementerian Kesehatan.

Acara juga dirangkai dengan pemotongan Nasi Astakona oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Bupati HSS H Achmad Fikry dan Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan, puncak hari jadi tidak dilaksanakan tanggal 2 Desember karena tepat hari Jumat. Sehingga, dipilih tanggal 3 Desember agar waktunya lebih panjang dari pada hari Jumat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved