Berita Banjarmasin

Warga Kompleks Banjar Jaya Sejahtera Keluhkan Kerusakan Jalan, Ini Respons Disperkim Banjarmasin

Ketua RT mewakili warganya berharap Pemko Banjarmasin memperbaiki jalan di Kompleks Banjar Jaya Sejahtera Kelurahan Alalak Utara

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/frans
Jalan AMD Limau 3 khususnya di Kompleks Banjar Jaya Sejahtera Blok F RT 47 Kelurahan Alalak Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara tergenang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Warga di Jalan AMD Limau 3 khususnya di Kompleks Banjar Jaya Sejahtera Blok F RT 47 Kelurahan Alalak Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara mengeluhkan jalan yang ada di lingkungannya.

Pasalnya jalan utama di Blok F ini terendam hampir kurang lebih dua bulan terakhir, terlebih saat adanya air laut pasang atau banjir rob.

Jalan ini merupakan jalan yang diinisiasi oleh pengembang perumahan, kemudian secara swadaya diuruk menggunakan tanah maupun batu oleh warga sehingga bisa diakses kendaraan bermotor.

Namun seiring waktu, terlebih tidak pernah dicor atau diaspal maka jalannya pun hancur, mudah tergerus saat adanya air sungai pasang maupun hujan.

Baca juga: Atasi Keterbatasan TPS,  DLH Banjarmasin Beri Layanan Surung Sintak Untuk Warga Kampung Gedang

Baca juga: Terdampak Banjir Rob di Banjarmasin, Jalan Lingkungan di Alalak Utara Dua Bulan Terendam

Saat banjir rob surut, jalan ini tetap tergenang dengan ketinggian hingga mata kaki orang dewasa.

Ketua RT 47, Rohamin menerangkan jalan ini diketahui sudah dihibahkan dari pengembang perumahan sehingga sudah menjadi aset Pemko Banjarmasin.

Untuk itulah Rohamin mewakili warganya berharap Pemko Banjarmasin bisa memperbaiki jalan tersebut, terlebih jalan ini merupakan akses utama warga yang tinggal di Blok F.

"Kami berharap segera diperbaiki dan juga ditinggikan agar tidak selalu tergenang. Ini saja sudah lebih sebulan terendam dan sangat menganggu aktivitas warga," katanya.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Banjarmasin, Chandra Iriandi Wijaya mengatakan akan segera menindaklanjuti keluhan warga tersebut.

"Kami akan cek ke lapangan untuk mengetahui tingkat kerusakannya kemudian untuk rencana tindaklanjut penanganannya, apakah dibeton atau seperti apa," ujarnya, Sabtu (3/12/2022) pagi.

Chandra menambahkan untuk jalan kompleks atau perumahan memang akan menjadi tanggungjawab Pemko Banjarmasin untuk penanganan dan perbaikannya.

Baca juga: Sempat Dirawat di RS, Satu Korban Perkelahian di Pangkalan Pamasiran Tabalong Meninggal Dunia

"Terutama jalan yang memang sudah diserahkan fasilitas umumnya," katanya.

Dibeberkan juga oleh Chandra, Perkim saat ini terus menginventarisir jalan kompleks perumahan yang akan dilakukan penanganannya.

"Terdata ada sekitar 328 jalan di kompleks perumahan yang ditangani sejak perubahan APBD 2022 dan berlanjut ke APBD murni di 2023," bebernya.

Chandra memperkirakan penanganan jalan yang ada di Komplek Banjar Jaya Sejahtera bisa dilakukan di 2023.

"Kalau sempat dikerjakan di APBD murni 2023, dan kalau belum akan kita upayakan di APBD perubahan 2023," pungkasnya.

( Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved