Berita HSU

Bersihkan Rawa dan Sungai, Dishub HSU Rencanakan Pembelian Kapal Pembersih Gulma

Dishub HSU merencanakan pembelian kapal pembersih gulma untuk membersihkan rawa dan sungai dari gulma dan tanaman air

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Hari Widodo
Istimewa
Jalur Sungai di kawasan Paminggir terturup enceng gondok yang membuat arus kapal terganggu. Dishub HSU tahun depan berencanakan membeli kapal pembersih gulma. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tengah merencakan program pembersihan sungai sekaligus daerah Rawa yang ada di Kabupaten HSU dengan memesan kapal pembersih gulma.

Upaya pembersihan sungai dan juga daerah Rawa ini khususnya untuk lokasi yang berada di lahan yang biasanya digunakan untuk pertanian pada saat musim kemarau.

Pembersihan rawa ini, perlu dilakukan mengingat  lahan rawa yang biasa digunakan untuk lahan pertanian atau berkurang karena selain Debit air yang tidak mengering.  Di daerah Rawa juga banyaknya gulma susupan gunung.

Kepala Dinas Perhubungan Hsu Hamdani mengatakan pihaknya berupaya untuk melakukan pembersihan sungai dari susupan gunung karena adanya permohonan dari masyarakat dan sebagai upaya untuk membantu masyarakat agar sungai dan juga lahan rawa bersih dari gulma yang merugikan ini.

Baca juga: Manfaatkan Enceng Gondok, Dosen Faperta ULM Latih Petani HSU Manfaatkan Gulma Jadi Pupuk Pelet

Baca juga: Dicap Tumbuhan Gulma, Purun Menghasilkan Keuntungan hingga Gencar Dibudidayakan

Baca juga: Pemko Banjarmasin Andalkan Kapal Sapu-sapu dan Perangkap Enceng Gondok di Sungai Martapura

Hamdani mengatakan saat ini dilakukan pemesanan pembuatan kapal untuk membersihkan susupan gunung baik di sungai maupun di daerah rawa.

"Sebelumnya ada warga yang sudah memanfaatkan terlebih dahulu dan pemerintah daerah akhirnya berinisiatif untuk melakukan hal serupa dan melakukan pembelian terhadap satu unit kapal yang bisa digunakan untuk membersihkan sungai dan daerah rawa," ujarnya, Senin (05/11/2022).

Menurutnya, gulma susupan gunung yang sangat banyak di daerah Rawa memang sangat sulit untuk dibasmi sehingga dengan adanya kapal pembersih ini diharapkan bisa untuk membantu masyarakat.

"Dalam jangka waktu secepatnya kami akan berupaya untuk melakukan percobaan dimana dimulai dari desa hambuku di Kecamatan Babirik," ujarnya. 

Baca juga: Jalur Transportasi Tertutup Enceng Gondok, Distribusi Bahan Pokok ke Pamingggir HSU Terganggu

Dinas Perhubungan Rencananya akan melihat dulu penggunaan dan manfaat dari kapal pembersih sungai dan Rawa yang nantinya akan digunakan.

"Jika memang efisien penggunaannya dan benar-benar dibutuhkan, maka akan menambah kembali jumlah kapal yang akan digunakan untuk membersihkan sungai dan rawa dari gulma seperti enceng gondok dan tanaham air lainnya,"katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved