Tabalong Terdepan

Kenang Jasa Pemimpin Terdahulu, Lima Mantan Bupati Tabalong Diabadikan Jadi Nama Jalan

Pada Hari Jadi ke-57 Tabalong diresmikan nama jalan H Dandung Suchrowardi, H Badaruddin Kasim, H Ismail Abdullah, H Usman Dundrung dan H Obar Sobari.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
PROKOPIM PEMERINTAH KABUPATEN TABALONG
Peresmian nama ruas jalan di seberang polres atau Jalan Kompleks Stadion yang kini gunakan nama H Dandung Suchrowardi di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (5/12/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Lima Bupati Tabalong terdahulu yang telah wafat, namanya resmi diabadikan menjadi nama ruas jalan di Bumi Saraba Kawa.

Penetapan nama baru bagi lima ruas jalan di wilayah Kota Tanjung dan Murung Pudak ini sesuai dengan surat keputusan Bupati Tabalong tertanggal 1 Desember 2022.

Peresmian dipimpin langsung Bupati H Anang Syakhfiani, Senin (5/12/2022), bersama ahli waris mantan Bupati Tabalong yang diabadikan sebagai nama jalan.

Seremonial peresmian diawali di Pendopo Bersinar dengan dihadiri juga unsur forkopimda dan beberapa kepala SKPD di lingkup Pemkab Tabalong.

Selanjutnya, rombongan bergerak ke lokasi peresmian terdekat, di persimpangan seberang Polres Tabalong yang jadi jalan masuk ke Kompleks Stadion atau Pendopo Bersinar.

Peresmian nama ruas jalan antara Tanjung Expo Center dan Tanjung Bersinar Park dengan nama H Obar Sobari di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (5/12/2022).
Peresmian nama ruas jalan antara Tanjung Expo Center dan Tanjung Bersinar Park dengan nama H Obar Sobari di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (5/12/2022). (PROKOPIM PEMERINTAH KABUPATEN TABALONG)

Di lokasi ini dilakukan penarikan tirai papan nama jalan menandai digunakannya nama  H Dandung Suchrowardi, Bupati Tabalong keempat yang menjabat selama 10 tahun periode 1984-1994, sebagai nama jalan di kawasan itu.

Penarikan tirai papan nama jalan langsung dilakukan anak H Dandung Suchrowardi, yakni Adi Kartika, disaksikan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani bersama beberapa ahli waris mantan bupati lainnya dan jajaran forkopimda.

Prosesi serupa berlanjut ke perempatan Sulingan menuju Tanta hingga jalan hauling Adaro yang diberi nama H Badaruddin Kasim, yakni Bupati Tabalong kedua yang memimpin pada periode 1972-1979.

Kemudian juga dilakukan di depan ruas jalan di samping Polres Tabalong menuju Murung Pudak. Ruas jalan memakai nama H Ismail Abdullah, merupakan Bupati Tabalong ketiga pada periode 1979-1984.

Lokasi keempat yang diresmikan, ruas Jalan Tanjung Selatan menuju Padat Karya. Ruas jalan menggunakan nama H Usman Dundrung, Bupati Tabalong pertama yang memimpin pada periode 1966-1972.

Peresmian nama Jalan H Badaruddin Kasim di perempatan Sulingan menuju Tanta di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (5/12/2022).
Peresmian nama Jalan H Badaruddin Kasim di perempatan Sulingan menuju Tanta di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (5/12/2022). (PROKOPIM PEMERINTAH KABUPATEN TABALONG)

Terakhir, rombongan bergerak ke jalan antara Tanjung Expo Center dan Tanjung Bersinar Park atau jalan menuju Mall Pelayanan Publik hingga jalan Guru Danau.

Ruas jalan ini resmi memakai nama H Obar Sobari yang merupakan Bupati Tabalong kelima dengan masa kepemimpinan periode 1994-1999.

Bupati H Anang Syakhfiani, mengungkapkan, penggunaan nama-nama pendahulunya untuk nama jalan ini satu cara untuk  mengabadikan orang-orang yang sangat berjasa kepada Kabupaten Tabalong.

Pasalnya, pemimpin-pemimpin Kabupaten Tabalong masa lalu ini pada masanya telah meletakkan landasan yang kokoh untuk kemajuan Bumi Saraba Kawa ke depan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved