Berita Banjarmasin

Scabies Menyerang Telapak Tangan, Siswa SDN Kelayan 1 Banjarmasin Ini Ungkap Kesulitan Belajar

Siswa terserang scabies di SDN Kelayan 1 Banjarmasin mengeluhkan kesulitan melakukan aktivitas belajar karena scabies menyerang telapak tangan

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Siswa di SDN Kelayan Selatan 1 Banjarmasin memperlihatkan obat scabies yang diberikan oleh pihak puskesmas, Senin (5/12/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Selain menyerang puluhan siswa di SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin, penyakit kulit menular scabies juga diketahui menyerang beberapa siswa di SDN Kelayan Selatan 1 Banjarmasin.

Setidaknya ada empat siswa di sekolah yang terletak di Jalan Tembus Mantuil Gang Sartika RT 18 No 61 ini yang diduga terpapar scabies.

Serangan scabies ini, membuat aktivitas belajar siswa terganggu. Seperti yang diungkapkan salah seorang siswa terkena scabies, Silva Kartira.

Ia menerangkan dirinya cukup kesulitan melakukan aktivitas belajar, khususnya untuk melakukan tulis menulis.

Baca juga: Empat Murid SDN Kelayan Selatan 1 Kota Banjarmasin Terkena Scabies

Baca juga: Sempat PJJ Karena Scabies, Puluhan Siswa SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin Kembali Masuk Sekolah

Baca juga: Puluhan Siswa SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin yang Terkena Serangan Scabies Mulai Sembuh

Pasalnya scabies menyerang telapak tangan dan juga jari tangannya, bahkan ada di beberapa titik dan ada yang kondisinya sudah menjadi luka.

"Sudah dua bulan kondisinya seperti ini. Rasanya perih dan ada gatalnya juga," katanya.

Siswa kelas V ini menambahkan dirinya pun mendapatkan pemeriksaan sekaligus pengobatan dari pihak puskesmas pada hari ini.

"Diberi obat salep dan juga ada yang diminum. Dan nanti diminta periksa lagi ke puskesmas. Kemudian disarankan untuk tidak terkena air sungai, tidak makan telur dan juga ayam," jelasnya.

Sedangkan PLh Kepala SDN Kelayan Selatan 1 Banjarmasin, Asiati menyambut positif adanya pengobatan dari Dinkes Banjarmasin melalui Puskesmas Pekauman tersebut.

"Alhamdulillah langsung ditindaklanjuti, dan tadi sekalian ada pengobatan dan penyuluhan juga untuk mengantisipasi terkena scabies," katanya.

Ditambahkan Asiati bahwa anggota keluarga dari siswa yang terkena scabies ini pun juga ada yang turut terkena scabies.

"Makanya tadi dari puskesmas juga menyampaikan untuk anggota keluarga siswa yang terkena scabies bisa segera berobat ke puskesmas," jelasnya.

Asiati juga membeberkan berdasarkan saran dari Dinkes Banjarmasin, siswa yang terkena scabies ini diarahkan untuk istirahat di rumah.

"Kebetulan hari ini terakhir ulangan. Paling nanti akan ada remidial, tapi bisa saja kita arahkan dikerjakan di rumah saja dan setelah itu sudah memasuki libur semester," pungkasnya.(

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved