Kalsel Bergerak

Hari Disabilitas Internasional, Paman Birin Ingin Penyandang Disabilitas Dapat Akses yang Sama

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel)  Sahbirin Noor menyampaikan keinginannya agar penyandang disabilitas mendapatkan akses yang sama

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
Biro Adpim Setdaprov Kalsel
Staf Ahli Husnul Hatimah saat hadir pada Peringatan Hari Disabilitas Internasional di SLB C Negeri Pembina Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Selasa (6/12/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel)  Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Husnul Hatimah menyampaikan keinginannya agar penyandang disabilitas mendapatkan akses yang sama.

Hal itu gubernur yang akran disapa Paman Birin dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Husnul Hatimah pada Peringatan Hari Disabilitas Internasional di SLB C Negeri Pembina Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Selasa (6/12/2022).

“Sebagai komitmen dalam pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas, saya ingin penyandang disabilitas mendapatkan akses yang sama, seperti akses ekonomi, lapangan kerja, dan olahraga,” kata Paman Birin.

Menurut Paman Birin, tantangannya kini adalah bagaimana menerapkan aturan-aturan hak penyandang disabilitas dengan sebaik-baiknya. Tantangan kiranya dapat dijawab dengan aksi dan penerapan yang tepat sasaran.

“Kita harus berusaha berikan akses pada penyandang disabilitas di fasilitas-fasilitas umum, gedung perkantoran, transportasi, dan tempat-tempat lain,” tegasnya.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional di SLB C Negeri Kalsel
Peringatan Hari Disabilitas Internasional di SLB C Negeri Pembina Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Selasa (6/12/2022).

Sementara itu, peringatan Hari Disabilitas Internasional ini diwarnai oleh pentas seni yang ditampilkan oleh para penyandang disabilitas.

Sekitar 238 Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dari berbagai SLB di Kalsel, terang Kepala SLB C Negeri Pembina Provinsi Kalsel Rosita Sari, mengikuti perayaan HDI. Uniknya, para ABK tampak mengenakan kostum profesi, seperti kostum polisi hingga pemuka agama.

“Dengan baju profesi, anak-anak ini bisa membayangkan cita-cita mereka nanti. Walaupun mereka disabilitas, tetapi mari kita guru dan orang tua saling mendukung untuk mengantarkan anak ke bangku sekolah demi meraih cita-cita mereka,” pesan Rosita Sari.

Pada perayaan ini, penyandang disabilitas juga menerima bantuan penunjang disabilitas dari Gubernur Sahbirin Noor, berupa kursi roda dan tongkat netra.

Diketahui sebelumnya, atas prestasi dalam upaya penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak pekerjaan penyandang disabilitas, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia memberikan penghargaan nasional kepada Gubernur Kalsel Paman Birin.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional di SLB C Negeri 1
Peringatan Hari Disabilitas Internasional di SLB C Negeri Pembina Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Selasa (6/12/2022).

Penghargaan nasional itu diserahkan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziah kepada Paman Birin melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalsel Irfan Sayuti di Jakarta pada Senin (21/11) lalu.

Menaker Ida Fauziyah pun menyampaikan selamat kepada Gubernur Kalsel Paman Birin berserta gubernur lainnya yang telah memperhatikan pekerja peyandang disabilitas.(aol/*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved