Kalsel Bergerak

Membanggakan, Tahun 2022 Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Menerima SAKIP A yang Ketiga

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin bersyukur pemprov dapat penghargaan SAKIP lagi dari Kementerian PANRB.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BIRO ADPIM SETDAPROV KALSEL
Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, saat menerima penghargaan SAKIP dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, AbdullahAzwar Anas, di Jakarta, Selasa (6/12/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) A.

Piagam SAKIP diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, AbdullahAzwar Anas,  kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Predikat SAKIP A untuk Pemprov Kalsel merupakan ketiga kalinya diterima setelah tahun 2018 dan 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (KemenPAN RB) RI.

Paman Birin menyatakan rasa syukur atas pencapaian ini di lingkup Pemprov Kalsel jajarannya dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat.

Alhamdulilah. Pada Tahun 2022 ini Pemprov Kalsel meraih SAKIP A. Ini menggambarkan bagaimana kinerja organisasi perangkat daerah, dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan Pemprov Kalsel, baik dalam daftar isian dan evaluasi yang dilakukan Kementerian PAN-RB sifatnya klarifikasi terhadap apa yang telah diisi,” ujar Paman Birin.

Gubernur kalsel H Sahbirin Noor bersyukur dapat penghargaan SAKIP selasa 06122022.
Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, merasa bersyukur karena mendapat penghargaan SAKIP dari Kementerian PANRB di Jakarta, Selasa (6/12/2022). Menurutnya, prestasi ini menggambarkan kinerja organisasi perangkat daerah di lingkup Pemprov Kalsel.

Paman Birin menjelaskan, SAKIP adalah salah satu tolak ukur pencapaian kinerja pemerintah daerah yang lebih efektif.

“Prestasi ini menjadi semangat kita semua untuk terus meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan warga Banua,” terang Paman Birin.

Sementara itu, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam arahannya mengatakan, sesuai atensi dari Presiden Joko Widodo, birokrasi harus berdampak harus dirasakan masyarakat.

Birokrasi ujarnya bukan tumpukan kertas dan birokrasi harus lincah dan cepat, semua harus berkolaborasi dan satu visi dalam mewujudkan atensi penting tersebut.

SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan.

Gubernur kalsel H Sahbirin Noor, menunjukkan penghargaan SAKIP Selasa (06/12/2022).
Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, menunjukkan penghargaan SAKIP yang baru diterimanya dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, AbdullahAzwar Anas, di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Evaluasi SAKIP digunakan untuk mengetahui apakah kementerian, lembaga, pemerintah daerah mampu melakukan efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan anggaran.

Implementasi atau evaluasi SAKIP dilaksanakan terhadap lima komponen besar manajeman kinerja secara lengkap dan menyeluruh.

Komponen manajemen kinerja dimaksud adalah, perencanaan Kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan Kinerja, evaluasi Kinerja, dan pencapaian sasaran/kinerja organisasi.

Penyerahan piagam SAKIP dan RB diberikan kepada instansi pemerintah daerah yang telah berhasil meraih predikat A dan BB di tahun ini.

Pada kesempatan yang sama, Kementerian PANRB juga menyerahkan hasil evaluasi Reformasi Birokrasi (RB), Zona Integritas (ZI), serta penganugerahan pelayanan publik kepada instansi pemerintah. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved