Berita Banjarmasin

Direlokasi ke RTH Kamboja, Ini Pertimbangan Pemindahan PJU Perempatan Lambung Mangkurat Banjarmasin

Tiang Penerangan Jalan Umum (PJU) di perempatan Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin dipindahkan ke RTH Kamboja

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/fran rumbon
Tiang PJU yang semula di perempatan Jalan Lambung Mangkurat direlokasi ke RTH Kamboja Banjarmasin, Rabu (12/7/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tiang Penerangan Jalan Umum ( PJU) di perempatan Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, tepatnya di depan Kantor Pos akhirnya direlokasi oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarmasin.

Seperti diketahui, tiang PJU ini sendiri berada tepat di tengah jalan dan pada bagian pondasinya dibuat semacam bundaran mini, yang dilengkapi dengan taman vertikal.

Kemudian karena letaknya yang berada di tengah jalan ini, Dishub Banjarmasin pun berencana untuk menghilangkan bundaran mini tersebut sekaligus merelokasi tiang PJU nya.

Untuk taman vertikal sendiri sudah sejak beberapa waktu lalu dilepas, dan pada Senin (5/12/2022) malam, tiang PJU dengan panjang belasan meter ini pun sudah dilepas.

Baca juga: Dewan Kalsel Tolak Smart PJU, Rencana Pemasangan Titik  PJU di Jalan Provinsi Jadi 413 Titik

Baca juga: Tiang PJU di Perempatan Jalan Lambung Mangkurat Banjrmasin Bakal Direlokasi ke RTH Kamboja

Bahkan tiang PJU ini langsung direlokasi dengan dipasang di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Kamboja di Jalan H Anang Adenansi.

Kepala Dishub Banjarmasin, Slamet Begjo mengatakan proses relokasi tiang PJU ini memang tidaklah mudah, terlebih lokasinya tepat berada di perempatan jalan.

"Cukup ekstra, karena jalan pun sempat ditutup sementara. Dan kita juga meminta bantuan dari Satlantas Polresta Banjarmasin untuk prosesnya. Kemudian untuk pemasangan di RTH Kamboja mudah saja," katanya.

Ditambahkan oleh Slamet Begjo, relokasi tiang PJU sekaligus menghilangkan bundaran di perempatan Jalan Lambung Mangkurat ini dikarenakan berbagai pertimbangan.

Baca juga: Lampu PJU Solar Sell di Jalan Lingkar Batulicin Kabupaten Tanbu Rusak dan Ada yang Dicuri

Pasalnya keberadaannya cukup mengganggu kenyamanan bahkan juga keselamatan para pengguna jalan.

"Karena cukup menganggu pandangan para pengendara, dan juga beberapa kali sempat terjadi kecelakaan. Di samping itu kita juga ingin memaksimalkan kamera Area Traffic Control System (ATCS)," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved