Btalk

B Talk : Promosikan Kota Seribu Sungai Melalui Film

Program pembuatan film dalam upaya mempromosikan Kota Banjarmasin yang dikenal dengan sebutan Kota Seribu Sungai sudah mulai ada sejak 2016

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Hari Widodo
capture Youtube BPost
Btalk BPost : Kenalkan Kota Seribu Sungai lewat film. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Program pembuatan film dalam upaya mempromosikan Kota Banjarmasin yang dikenal dengan sebutan Kota Seribu Sungai sudah mulai ada sejak 2016 meskipun saat itu dalam bentuk novel bukan film.

Namun, sebenarnyaa upaya untuk memperkenalkan Kota Seribu Sungai ke masyarakat dengan lebih luas sudah ada sejak lama. 

Hal ini disampaikan Kabid kebudayaan Disbudporapar Banjarmasin, Zulfaisal Putera selaku dalam program B-Talk Banjarmasin Post yang disiarkan secara langsung.

dalam kesempatan itu Zulfaisal mengatakan  awalnya ingin membuat sebuah novel dan telah didiskusikan hingga terpilih salah seorang novelis dari Kandangan Miranda Septiana yang merupakan penulis nasional dari Media Kompas. 

"Dan saat itu selesai dalam waktu satu tahun setelah membutuhkan waktu datang langsung ke beberapa tempat di Kabupaten, percetakan pertama sekitar 5000 copy dan dilakukan pencetakan berikutnya," ujarnya. 

Setelah itu ada lagi keingian untuk menjadilkannya menjadi sebuah film. Dan ada dukungan dari Pemerintah Kota Banjarmasin dalam pendanaan hingga akhirnya program ini berjalan. 

Bagaimana dengan perfileman yang ada di Kalimantan selatan atau Banjajrmasin khususnya?

Sejak tahun 1981 Kalimantan Selatan sudah memiliki film komersil pertama yang tayang secara nasional dengan latar kota Banjarmasin namunsetelah itu sepi.

Pada sekitar tahun 2000an sudah mulai banyak komunitas  yang dibuat seperti film pendek. Namun, secara nasional masih mengalami ketertinggalan di bidang perfilman. Dan ini perlu ditingkatkan, berkaca dari film laskar pelangi yang mampu meningkatkan potensi pariwisata sekitar 400 persen.

Dari situ bisa dilihat bahwa film juga merupakan salah satu promosi wisata. Karena daerah yang menjadi lokasi perfilman akan menjadi destinasi wisata. Karena itulah Walikota Banjarmasin memilih untuk mempromosikan Kota Banjarmasin melalui film. 

Film jendela seribu sungai sudah berapa persen?

Persiapan pembuatan film ini sudah dilakukan sejak awal tahun sejak pembuatan skenario dan naskah, dan mulai syuting pada 10 november 2022 dan selesai pada 1 Desember.

Saat ini tengah melakukan editing dan rencananya akan selesai pada 28 desember dalam bentuk mentah, Dan pada Januari baru dimasukkan musiknya atau soundtrack filmynya dari ian kasela dari group band radja. dan rencananya akan gala premier pada hari anak nasional pada bulan Juli. Karena film ini adalah film anak dan keluarga. 

Siapa saja artis yang terlibat dalam pembuatan film ini?

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved