Kalsel Bergerak

Inovasi Wasemo RSUD Ulin Banjarmasin Wakili Lomba Tingkat Provinsi

Alat Wasemo mudah untuk diduplikasi khususnya bagi RS tipe c yang biasanya alatnya terbatas.

Penulis: Milna Sari | Editor: Eka Dinayanti
humas RSUD Ulin Banjarmasin
penghargaan dari manajemen RSUD Ulin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Inovasi Water Seal Drainage Modification (Wasemo) RSUD Ulin Banjarmasin akan dibawa ke tingkat provinsi.

Sistem water seal drainage ujar staf medik bedah toraks, kardiak dan vakskular RSUD Ulin, Ahmad Gazali usai menerima penghargaan dari manajemen RSUD Ulin Kamis (8/12/2022) sangat mahal.

Mulai dari Rp 70 juta dan juga ada yang tidak bisa dipakai terus menerus.

Biasanya dalam penanganan water seal drainage ujar Gazali rumah sakit harus memiliki dua.

Jika tidak ada, maka satu alat akan digunakan terus menerus sehingga risiko infeksi tinggi.

Dengan Wasemo yang terbuat dari bahan BKAP dari botol yang bisa dirilis dengan selang-selang alat medis yang biasa dipakai maka akan dihemat banyak.

"Kita bisa hemat banyak misalnya satu alat Rp 30 ribu disterilkan di alat sterilisasi, dan itu juga sudah kita kalibrasi oleh IPRS kualitas mutu barang agar berfungsi sesuai kualitas barang yang sebenarnya, jika tidak berfungsi akan lebih mudah dibuang dan bikin lagi," ujarnya.

Alat Wasemo kata Gazali juga mudah untuk diduplikasi khususnya bagi RS tipe c yang biasanya alatnya terbatas.

Wasemo menjadi inovasi nomor satu dari RSUD Ulin di 2023 ini yang menerima penghargaan.

Terang Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, dr Izaak Zoelkarnain setiap tahun memang selalu ada inovasi internal di RSUD Ulin. Tahun ini ada 17 inovasi yang dibuat RSUD Ulin.

"Jadi inovasi ini untuk memudahkan pelayanan di masing-masing bidang, dengan itu akan meningkatkan mutu dan kualitas serta menjamin keselamatan pasien," katanya.

Tiga besar inovasi di RSUD Ulin Banjarmasin ini kata dr Izaak nantinya akan dibawa ke tingkat provinsi untuk bersaing dengan inovasi dari SKPD lain.

"Mudah-mudahan kita bisa menjadi terbaik di tingkat provinsi dan nanti akan maju ke tingkat nasional seperti alat bantu nafas dulu," katanya. (aol/*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved