Kampusiana

Pembukaan Rembuknas Forpimawa 2022, ULM Sebagai Tuan Rumah

Forpimawa resmi membuka rembuk nasional (Rembuknas) dengan tema ‘MBKM dan Prestasi Mahasiswa untuk Indonesia Emas 2045

Penulis: Rifki Soelaiman | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Rifki Soelaiman
Pemukulan gong sebagai tanda dibukanya Rembuknas 2022 oleh Rektor ULM, Prof Ahmad Alim Bachri, Jumat (9/12/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan (Forpimawa) resmi membuka rembuk nasional ( Rembuknas) dengan tema ‘MBKM dan Prestasi Mahasiswa untuk Indonesia Emas 2045’, Jumat (9/12/2022).

Menjadikan Universitas Lambung Mangkurat sebagai tuan rumah, Forpimawa dihadiri oleh para perwakilan perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

Acara tersebut  di gelar dari tanggal 8-11 Desember 2022 dengan berbagai agenda yang sudah disiapkan, tentunya tak jauh dari tema di atas. 

Rembuknas ini merupakan acara tahunan yang selalu digelar oleh Forpimawa (sebelumnya bernama Forkomawa). 

Baca juga: Jadi Tuan Rumah Bampiwil IV, Hima Peternakan Faperta ULM Ajak Peserta Bagi Ayam dan Telur ke Panti

Baca juga: Fenomena Curhat ke Sosial Media, Begini Pandangan Dosen Ilmu Komunikasi Fisip ULM

Baca juga: Commshow Himakom ULM Sukses Digelar, Komika Angkat Materi Keresahan Rakyat

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Forpimawa, Iwantono, dalam sambutannya ia mengatakan sebelum berganti nama pihaknya terus melakukan tradisi rembuk nasional ini.

“Sebelum berganti nama, dan sesudah berganti nama kita tetap terus lakukan rembuk nasional ini setiap tahunnya,” katanya.

Esensi dari rembuk nasional ini terang Iwantono adalah evaluasi dari kegiatan kemahasiswaan dari masing-masing kampus yang belum memberikan informasi terbarunya.

Kemudian pihaknya juga ingin memberi masukan ke bidang kemahasiswaan di Kemdikbud terkait dengan agenda tahun 2023. 

“Agenda-agenda tersebut nantinya akan diperbincangkan di rembuknas sehingga masing-masing dari kami bisa membawa pulang sesuatu yang bermanfaat untuk kampus,” ujarnya. 

Iwantono juga mempersilahkan para petinggi kampus lainnya untuk mendiskusikan agenda-agenda yang direncanakan pada tahun 2021 yang belum terlaksana. 

“Mungkin persoalan-persoalan yang masih ada kita hadapi bisa kita diskusikan di sini,” tandasnya. 

Selain itu, Rektor ULM, Prof Ahmad Alim Bachri mengatakan program pelaksanaan kegiatan ini akan menjadi motivasi ULM untuk melaksanakan dan mendukung berbagai macam program-program kemahasiswaan.

“Dalam pemahaman saya, salah satu aset yang paling utama bagi setiap perguruan tinggi adalah mahasiswa itu sendiri,” ujar Rektor ULM, sebagai tuan rumah Rembuknas 2022.

Menurutnya, perguruan tinggi tak bisa diukur prestasinya tanpa prestasi mahasiswa, baik itu secara akademik maupun non-akademik. 

“Banyak hal yang akan didiskusikan untuk menentukan masa depan Indonesia, yakni Indonesia Emas dari 2045,” katanya. 

Forum ini menurut Ahmad merupakan bagian yang strategis untuk menentukan sustainability kepengurusan dan program-program strategis untuk bidang kemahasiswaan yang akan membawa bangsa Indonesia maju di masa yang akan datang.

Baca juga: Himakom FISIP ULM Mulai Gelar Communication Week 2022,  Hadirkan Stand Up Comedy

Acara tersebut berlangsung dengan hangat dan penuh rasa kekeluargaan. Bahkan, pemukulan gong tak hanya dilakukan oleh Rektor ULM saja. 

Pemukulan gong sebagai tanda dibukanya Rembuknas 2022 oleh Forpimawa juga dilakukan secara bergantian oleh para petinggi Forpimawa lainnya. (Banjarmasinpost.co.id/Rifki Soelaiman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved