Museum Lambung Mangkurat di Banjarbaru

Wisata Kalsel - Museum Terbesar di Kalimantan Selatan Mengoleksi 11 Ribu Benda

Wisata Kalsel. Museum Lambung Mangkurat terbesar di Kalimantan Selatan, terletak di Jalan Ahmad Yani Km36, Banjarbaru, mengoleksi 11.965 benda.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ALPRI WIDIANJONO
Wisata Kalsel. Museum Lambung Mangkurat terdapat di Jalan Ahmad Yani Km36, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Wisata Kalsel. Museum Lambung Mangkurat terdapat di Jalan Ahmad Yani Km36, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Merupakan museum terbesar di Kalimantan Selatan dan menjadi salah satu destinasi kunjungan wisatawan lokal hingga mancanegara.

Memiliki gedung dua lantai dengan  total luas area 1,5 hektare, museum yang diresmikan Mendikbud Daoed Yoesoef pada 1979 tersebut memiliki 11.965 benda. 

Koleksi yang ada dapat diklasifikasikan menjadi 10 jenis, yaitu Geologi/Geografi, Biologi, Etnografika, Arkeologi, Historika, Numismatika/Heraldika, Filologi, Keramologi, Seni Rupa dan Teknologi.

Baca juga: Operasi Cabut Besi dari Kepala Bocah Kabupaten HSU Kalsel Berlangsung Selama 1 Jam

Baca juga: Digugat Pemilik Lahan Rencana Pembangunan Embung, Begini Respons Dinas PUPR Banjarbaru

Baca juga: Disbudpar Kabupaten Tapin Resmi Tetapkan Kalender Wisata 2023, Baayun Maulid Masuk Daftar

Bangunan museum ini berarsitektur rumah tradisional Banjar disebut Rumah Bubungan Tinggi yang dipoles dengan gaya modern.

Benda koleksinya terdiri dari peninggalan Kesultanan Banjar, Candi Agung dan Candi laras, perkakas dari batu, ukiran kayu ulin, perkakas pertanian, perabot rumah tangga, alat musik tradisional dan sebagainya.

Buka dari jam 8 pagi hingga pukul 2 siang.

Meski begitu, ujar Pamong Budaya Bidang Permuseuman sekaligus pemandu, Slamet Hadi Triyanto, Kamis (15/12/2022,) pihaknya sedang mengupayakan agar museum kembali beroperasi hingga pukul 4 sore.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved