Kapuas Kota Air

RSUD Dr H Soemarno Sosroatmodjo Kualakapuas Gelar Operasi Katarak Gratis, Diikuti 57 Peserta

Sebanyak 57 peserta mendapatkan operasi katarak gratis dari Klinik Mata Tambun Bungai (Kalteng) yang mana dilaksanakan di RSUD Dr H Soemarno Sosroatmo

Editor: Hari Widodo
Pemkab Kapuas
CEK KONDISI - Penasehat Persatuan dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Pusat Prof Dr dr Nila Djuita F Moeloek mengecek kondisi pasien yang akan dilakukan operasi saat pelaksanaan kegiatan bhakti sosial operasi katarak gratis, di RSUD Dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Sabtu (17/12/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALA KAPUAS -Sebanyak 57 peserta mendapatkan operasi katarak gratis dari Klinik Mata Tambun Bungai (Kalteng) yang mana dilaksanakan di RSUD Dr H Soemarno Sosroatmodjo Kualakapuas,  Sabtu (17/12/2022).

Operasi katarak gratis ini, dilaksanakan dalam rangka Bhakti Sosial Operasi Katarak untuk memperingati World Sight Day, HUT Korpri, HUT Dharma Wanita Persatuan dan Hari Kesehatan Nasional ke 58

Adapun pelaksanaan bhakti sosial operasi katarak tersebut ditinjau secara langsung oleh Penasehat Persatuan dokter  Ahli Mata Indonesia (Perdami) Pusat Prof Dr dr Nila Djuita F Moeloek, Ketua PP Perdami Pusat Prof dr Budu, Direktur P2PTM Kemenkes RI dr Eva Susanti, Sekretaris Perdami Kalsel dr Gery, Direktur Klinik Tambun Bungai dr Lucy dan sejumlah undangan lainnya.

Kehadiran mereka pun, disambut oleh Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor bersama dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kapuas dr Tonun Irawaty Panjaitan, Ketua DWP Kapuas Apollonia, Direktur RSUD RSUD Dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dr Agus Waluyo dan sejumlah jajaran Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Perdami tinjau operasi katarak
 PENINJAUAN - Penasehat Persatuan dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Pusat Prof Dr dr Nila Djuita F Moeloek (selendang batik) ditemani oleh Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor (topi hitam) meninjau para calon pasien penerima bhakti sosial operasi katarak gratis, di RSUD Dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Sabtu (17/12/2022).

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya atas diadakannya operasi katarak gratis ini yang menurutnya sangat membantu masyarakat.

"Tentunya ini banyak menambah masyarakat Kapuas yang sehat, dan ini juga dilakukan tanpa biaya dan itu satu hal yang penting," ungkap Nafiah.

Kemudian, ia meminta agar masyarakat yang telah diberikan operasi katarak gratis ini agar bisa mengajak masyarakat lainnya untuk ikut mengikut mengoperasi mata kataraknya. Sebab, menurutnya setelah dioperasi ini akan bisa melihat dan nantinya bisa bekerja, membantu dan melakukan aktivitasnya.

"Melalui operasi katarak ini, Semoga ini cukup terpenuhi agar masyarakat Kapuas matanya dapat melihat semuanya dengan jelas dan terang," harap orang nomor dua di Kabupaten Kapuas itu.

Ditempat yang sama, Penasehat Perdami Pusat Prof Dr dr Nila Djuita F Moeloek yang berkesempatan meninjau dan berinteraksi dengan sejumlah pasien operasi katarak menuturkan bahwa bhakti sosial operasi katarak ini dilakukan terutama untuk masyarakat yang kurang mampu terutama yang belum memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) maupun Kartu BPJS.

bakti sosial operasi katarak gratis
 BINGKISAN - Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor menyerahkan bingkisan kepada para pasien yang akan mengikuti bakti sosial operasi katarak gratis, di RSUD Dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Sabtu (17/12/2022).

"Jadi ini kita mencoba untuk menolong agar jumlah operasi katarak agar bisa melihat lagi ini dapat meningkat jumlahnya," terang dr Nila.

dr Nila Djuita F Moeloek yang juga saat itu memberikan workshop vision center, deteksi dini retinopati diabetik di Ballroom Hotel Fovere Kuala Kapuas itu pun berharap agar setelah dilakukan operasi katarak ini masyarakatnya bisa produktif kembali, bahkan bisa bekerja ataupun bisa melakukan aktivitas secara mandiri dirumah tanpa pertolongan orang lain. (AOL)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved