Fakultas Kedokteran ULM

Peran ULM dalam Implementasi Kampus Sehat

Universitas Lambung Mangkurat menjadi satu dari enam perguruan tinggi yang berperan aktiv dalam pengembangan Kampus Sehat

Editor: Hari Widodo
Fakultas Kedokteran ULM
Penandatanganan Komitmen Pengembangan Kampus Sehat yang dihadiri oleh 26 Perguruan Tinggi Indonesia dan Dit. Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan pada 20-21 Desember 2022 di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kampus merupakan sasaran potensial dalam mewujudkan generasi masa depan yang unggul dalam segala bidang, termasuk kesehatan.

Salah satu program untuk memaksimalkan potensi perguruan tinggi dalam bidang kesehatan adalah dengan pengembangan perguruan tinggi sebagai Kampus Sehat.

ASEAN University Network - Health Promoting Network (AUN-HPN) telah merekomendasikan agar setiap perguruan tinggi di Asia Tenggara mengembangkan Health Promoting University - HPU (AUN, 2017).

Saat ini, konsep HPU tersebut juga telah diadopsi oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kampus Sehat bertujuan untuk membentuk lingkungan dan budaya yang mendorong terbentuknya perilaku sehat dari sivitas kampus.

Civitas kampus yang dimaksudkan meliputi dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Kampus Sehat merupakan sinergitas upaya promotif dan preventif sebagai perwujudan penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Perguruan Tinggi sesuai amanat instruksi Presiden No.1 Tahun 2017 di Perguruan Tinggi yang merupakan tempat pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan sekaligus tempat terbentuknya karakter peserta didik sebagai generasi muda Indonesia.

Sejak tahun 2019-2021 telah dilakukan pengembangan dan implementasi Kampus Sehat di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, dan juga pendampingan bagi perguruan tinggi lainnya sebagai upaya untuk mewujudkan perguruan tinggi sebagai Kampus Sehat secara lebih luas.

Tahun ini, dalam rangka memperluas jaringan kerja sama pengembangan Kampus Sehat sebagai bentuk dukungan sektor pendidikan untuk berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia Sehat melalui upaya promotif-preventif di lingkungan kampus, Kementerian Kesehatan bersama dengan dukungan 6 perguruan tinggi.

Enam perguruan tinggi itu yaitu Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggalang komitmen perguruan tinggi lainnya untuk mengembangkan dan menerapkan program kampus sehat.

Penggalangan komitmen ini dituangkan dalam seremonial yang dilaksanakan pada Selasa – Rabu, 20 – 21 Desember 2022 bertempat di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta.

Acara ini dihadiri oleh 6 Perguruan Tinggi pendamping dan 20 Perguruan Tinggi lain di Indonesia yang berkomitmen mengimplementasikan Kampus Sehat.

Dalam kegiatan tersebut, ULM berperan sebagai salah satu Perguruan Tinggi Satelit Pendamping Kampus Sehat yang menggalang komitmen sekaligus mendampingi Perguruan Tinggi lainnya di Pulau Kalimantan dalam mengembangkan dan menerapkan program Kampus Sehat.

Adapun Perguruan Tinggi yang didampingi oleh ULM adalah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Universitas Tanjungpura Pontianak dan Universitas Borneo Tarakan.

Adapun tim HPU ULM yang turut menghadiri seremonial penandatanganan Kampus Sehat yaitu Vina Yulia Anhar, SKM, MPH selaku Sekretaris Tim Kampus Sehat ULM.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved