Kampusiana

Melacak Keberadaan Alumni 2021, Universitas Lambung Mangkurat Gelar Expose Tracer Study

Tracer study dilaksanakan oleh program CEDC ULM, bertujuan untuk melacak alumni.

Penulis: Rifki Soelaiman | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/rifki soelaiman
Foto bersama para dosen ULM, Ketua CDEC ULM, dan rektor ULM dalam expose ULM trace study 2022. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) gelar expose ULM tracer study 2022 dengan tema ‘Membangun ULM menjadi lebih baik’.

Tracer study tersebut dilaksanakan oleh program CEDC (Carrier & Enterpreuener Development Center) ULM, bertujuan untuk melacak alumni.

Ketua CDEC ULM, Sadik Ikhsan mengatakan kegiatan yang berlangsung hari ini, Kamis (22/12/2022), merupakan acara penyampaian hasil yang dicapai pada waktu melaksanakan tracer study.

“Jadi proses pengumpulan data para alumni itu dari tanggal 1 Juli sampai 30 September 2022. Kalau pelaksanaannya selama satu tahun 2022,” kata Ketua CDEC ULM.

Baca juga: Empat Wakil Rektor ULM Dilantik, Rektor : Tantangan Menjadi PTN Badan Hukum Sudah Menanti

Baca juga: Digelar Tiga Hari, 11 Kandidat Ramaikan Pemilu Raya Mahasiswa FEB ULM

Pihak CDEC kata Sadik akan melacak keberadaan alumni ULM lulusan tahun 2021 untuk mengetahui apa yang dikerjakan para alumni saat ini.

“Apakah sudah bekerja, apakah studi lanjut, apakah jadi wirausaha. Tiga itu aktivitas yang mestinya diharapkan dijalankan oleh para alumni,” ucap Sadik.

Untuk para alumni tersebut nantinya akan dihubungi oleh pihak CDEC untuk didata.

Meskipun begitu, ada beberapa alumni yang memang tak bisa dihubungi.

Selain itu, CDEC juga menyiapkan pelatihan untuk para mahasiswa yang akan lulus agar bisa bersiap menghadapi bursa kerja setelah kelulusan.

Sementara itu, Rektor ULM, Ahmad Alim Bachri mengatakan tracer study ini bertujuan untuk melihat secara keseluruhan bagaimana tingkat keterserapan alumni ULM.

“Lalu kemudian kita jadikan feedback untuk melakukan evaluasi, baik kurikulum maupun program-program kemahasiswaan,” jelasnya.

Evaluasi tersebut diharapkan bisa dijadikan dasar untuk menentukan kebijakan-kebijakan strategis yang dapat memperbaiki performa dari alumni.

“Secara rutin dilakukan. Nanti juga akan ada bantuan semacam pelatihan dari ULM. Intinya akan ada perbaikan,” pungkasnya.

( Banjarmasinpost.co.id/rifki soelaiman)

 

 

  • Berita Terkait :#Kampusiana
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved