Religi

Kekeliruan Muslimah Dijelaskan Ustadz Khalid Basalamah, Memanjangkan dan Mewarnai Kuku

Beberapa kekeliruan muslimah yang tidak disadari dan hal ini diungkapkan Ustadz Khalid Basalamah.

Penulis: Mariana | Editor: M.Risman Noor
kanal youtube Rasyadul Fadhilah
Ustadz Khalid Basalamah terangkan beberapa kekeliruan dilakukan muslimah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pendakwah Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan perbuatan keliru yang dilakukan wanita muslim atau muslimah.

Kekeliruan wanita tersebut diuraikan Ustadz Khalid Basalamah sebanyak 70 poin, termasuk memanjangkan dan mewarnai kuku.

Perempuan biasanya suka berhias atau mempercantik diri, Ustadz Khalid Basalamah menuturkan ha ini boleh dalam Islam namun ada batasannya, salah satu yang dilarang adalah memanjangkan kuku sebab menyelisihi fitrah.

Muslimah yang bertaqwa hendaknya dapat menjauhi kebiasaan keliru tersebut dan bertindak sesuai dengan petunjuk dan aturan dalam Islam.

Ustadz Khalid Basalamah menjabarkan pelanggaran syariat yang dilakukan muslimah, yakni menyelisihi salah satu sunnah fitrah yaitu memotong kuku.

Baca juga: Ceramah Ustadz Abdul Somad Pengganti Ibadah Puasa Rajab, Ingat Amalan Dianjurkan

Baca juga: Hukum Menentukan Waktu Shalat Melalui Aplikasi Digital, Buya Yahya Jelaskan Penentuan Secara Alami

"Permasalahan pertama kaum wanita memanjangkan kukunya, lalu mewarnainya dengan cat kuku, cat kuku ini bersifat menghalangi masuknya air ke kuku, terutama saat wudhu dan mandi junub," jelas Ustadz Khalid Basalamah dilansir Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube Khalid Basalamah Official.

Kemudian wanita yang mengecat kuku itu berwudhu untuk melakukan shalat, maka shalatnya tidak sah.

Jika kaum hawa mengecat kuku, maka harus menghilangkannya sebelum wudhu ataupun mandi wajib.

Banyak di antara wanita menganggap kecantikan itu jika memiliki kuku panjang, kemudian dikikir, dipanjangkan, dan dilancipkan.

Ustadz Khalid Basalamah menyebut Islam tak pernah melarang para perempuan menjaga kecantikan, ketampanan, kebersiha, dan kerapian. Ini karena Allah itu indah suka dengan keindahan.

Allah SWT secara alami membuat hamba-hambanya menyukai orang atau sesuatu yang tampak bersih, rapi, dan wangi, berlaku pula sebaliknya sebagian besar orang tidak menyukai sesuatu yang berantakan, kotor, bau busuk, hal ini fitrah secara alami.

Secara medis, diketahui kuku menjadi sarang bakteri karena itu dianjurkan untuk memotongnya.

"Subhanallah, Allah memberikan petunjuk dengan membedakan warna kuku yang masih boleh ada dengan yang harus dipotong, adanya perbedaan warna juga membuat penampilan kuku menjadi kurang bagus," tutur Ustadz Khalid Basalamah.

Sehingga tak sedikit wanita mewarnai kukunya, yang jadi permasalahan cat kuku yang digunakan dapat menghalangi air sampai ke kuku.

Baca juga: Keutamaan Bulan Rajab Bagi Umat Islam, Ustadz Adi Hidayat Jabarkan Amalan yang Dianjurkan

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved