Kapuas Kota Air

Budaya Organisasi ASN Pemerintah Kabupaten Kapuas Dinyatakan Sehat dan Produktif

Pemerintah Kabupaten Kapuas memiliki budaya kerja organisasi yang sehat dan produktif berdasarkan hasil Survei Indeks BerAKHLAK 2022 Kementerian PANRB

PEMKAB KAPUAS
Hasil Survei Indeks BerAKHLAK Tahun 2022 di Pemerintah Kabupaten Kapuas. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALA KAPUAS - Survei Indeks BerAKHLAK Tahun 2022 di Pemerintah Kabupaten Kapuas telah selesai digelar.

Survei yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada seluruh instansi pemerintah tersebut telah disampaikan hasilnya.

Berdasarkan kesimpulan survei, menunjukkan Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), memiliki budaya kerja organisasi yang sehat dan produktif.

Hal tersebut dapat dijelaskan dari kesimpulan hasil pemetaan dan pengukuran budaya kerja ASN pada Tahun 2022 Pemkab.

Kapuas memperoleh nilai 76,5 persen. NIlai tersebut masuk dalam kategori sehat yang dapat dideskripsikan memiliki budaya organisasi sehat dan produktif.

Indeks Implementasi BerAKHLAK Pemerintah Kabupaten Kapuas Tahun 2022.
Indeks Implementasi BerAKHLAK Pemerintah Kabupaten Kapuas Tahun 2022.

Selain itu, pada kegiatan Webinar Sosialisasi Survei Indeks BerAKLAK Tahun 2022 (06/01) diketahui Indeks Implementasi BerAKHLAK Pemkab.

Kapuas memperoleh nilai 62,4 persen atau dalam kategori cukup sehat. Kategori ini menunjukan bahwa pegawai sudah mengimplementasikan nilai-nilai BerAKHLAK dalam perilaku kerja sehari-hari dengan baik.

Kepala Bagian Organisasi, Ir Hery Setiawan, yang hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut, menyampaikan, hasil Survei Indeks BerAKHLAK Tahun 2022 menunjukkan hasil yang baik.

Namun demikian, menurutnya, tetap perlu melakukan berbagai upaya perbaikan bersama dengan pihak-pihak yang terkait.

Bertujuan, tidak lain agar budaya kerja BerAKHLAK ini dapat memicu peningkatan kinerja dan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat Kabupaten Kapuas.

"Hasil survei Indeks BerAKLAK menunjukkan budaya kerja yang baik di Pemkab. Kapuas, namun rencana pada Tahun 2023 ini kita akan membentuk Tim Budaya Kerja untuk meningkatkan kolaborasi dengan beberapa perangkat daerah agar budaya kerja mejadi semakin baik dan berdampak pada kinerja dan pelayanan publik," ujar Hery.

Survei Indeks BerAKHLAK Tahun 2022 ini merupakan pertama kali dilakukan di Indonesia.

Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan budaya organisasi, diantaranya : implementasi Core Values BerAKHLAK.

Selain itu, keselarasan antara nilai pribadi dan organisasi, serta aspirasi pegawai ASN terhadap kondisi budaya kerja yang ideal.

BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Core Values ASN.

Itu adalah sebuah panduan dalam berpikir, berstruktur dan berperilaku, sedangkan Employer Branding ASN yaitu bangga melayani bangsa. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved