Wisata Geogpark Gua Liang Tapah

Wisata Kalsel - Sensasi Susur Gua Liang Tapah di Kabupaten Tabalong

Wisata Kalsel. Pemandu bisa mengantar pengunjung menyusuri Gua Liang Tapah di Desa Garagata RT 06, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Wisata Kalsel. Jalur di Gua Liang Tapah, Desa Garagata RT 06, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (14/1/2023). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Wisata Kalsel. Bagi yang menyukai bagaimana suasana keindahan di dalam gua, maka Geogpark Gua Liang Tapah sangat cocok untuk didatangi.

Wisata yang ada di Desa Garagata RT 06, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), ini ada menawarkan sensansi susur gua dengan rute lebih dari 200 meter.

Pengelola juga ada menyiapkan jasa pemandu yang khusus menemani dan mengarahkan pengunjung apabila ingin mencoba sensasi menjelajah ke dalam Gua Liang Tapah.

Baca juga: Wisata Kalsel - Keindahan Gua Liang Tapah, Ini Rute dari Tugu Obor Mabuun Kabupaten Tabalong

Baca juga: Wisata Kalsel - Gua Liang Tapah Wisata Alam Geopark Menarik di Wilayah Utara Kabupaten Tabalong

"Kami ada menyiapkan pemandu untuk susur Gua Liang Tapah ini," kata Hendra, seorang pemandu Gua Liang Tapah.

Menurut Hendra, bagi pengunjung yang ingin melakukan susur gua diminta agar  memberitahukan terlebih dulu ke pengelola untuk mendapatkan izin.

Selain itu, pengunjung juga disarankan untuk tidak masuk sendirian tanpa ada pemandu yang mendampingi masuk ke dalam Gua Liang Tapah.

Baca juga: 1ST Young Koi Show di Kotabaru, Ada Ikan Seharga Rp20-Rp25 Juta Per Ekor

Baca juga: Kuliner Kalsel - Penjual Jajanan Tradisional di Terminal Rantau Kabupaten Tapin Tetap Eksis

"Kalau masuk gua harus ada pemandunya, jangan sampai karena sudah pernah lalu ketika ke sini lagi bawa teman malah masuk tanpa izin," ujarnya.

Hal lain yang harus diperhatikan juga apabila susur gua maka disarankan menggunakan sepatu agar mempermudah selama perjalanan di dalam gua.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved