Berita Tanahbumbu

Disdukcapil Tanbu Resmi Terapkan Identitas Kependudukan Digital, Begini Cara Aktivasi

Pemkab Tanahbumbu (Tanbu) hari ini resmi mulai menerapkan Identitas Kependudukan Digital

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
Disdukcapil Tanbu untuk BPost
Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar saat pertama kali mengaktivasi Identitas Kependudukan Digital di ruang kerjanya, Jumat (20/1/2023). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Pemkab Tanahbumbu (Tanbu) hari ini resmi mulai menerapkan Identitas Kependudukan Digital.

Penerapan Identitas Kependudukan Digital ini diawali langsung oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dengan melakukan aktivasi Digital ID tersebut pada Jumat (20/1/2023) di Kantor Bupati di Gunung Tinggi, Batulicin.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanbu, Gento Hariyadi mengatakan Identitas Kependudukan Digital di Tanbu sudah bisa dilakukan melalui handphone android dengan mendownload aplikasi bernama Identitas Kependudukan Digital di Google Playstore.

Setelah masyarakat mendownload aplikasi tersebut, kemudian Disdukcapil akan melakukan aktivasi identitas kependudukan mereka.

Baca juga: Pemkab HSU Mulai Terapkan KTP Digital, Tahap Awal Sasar ASN

Baca juga: Blanko Menipis, Disdukcapil Banjar Sosialisasikan KTP Digital

"Jadi, Identitas Kependudukan Digital tersebut sudah  bisa diakses melalui android masing-masing penduduk," ucapnya.

Adapun fitur-fitur di dalam aplikasi Identitas Kependudukan Digital tersebut meliputi E-KTP, BPJS, Dokumen, Tandatangan Elektronik, dan lainnya.

Pada tahap awal aktivasi Digital ID ini, sasarannya adalah para ASN dan Non ASN di lingkungan pemerintah setempat, dan selanjutnya masyarakat umum.

Manfaat digital ID yang diterapkan tersebut, di antaranya apabila ketersediaan blangko KTP-El di daerah tidak tercukupi maka penduduk yang sudah melakukan perekaman cukup dengan digitalisasikan, tidak perlu memiliki fisik KTP-Elektronik.

"Jadi tidak ada lagi KTP-El atau Kartu Keluarga (KK) hilang, karena sudah digitalisasi kedalam android. Selain itu, kelebihan Digital ID yaitu penggunaan lebih simpel, tidak perlu dicetak menggunakan blangko, dan KTP atau identitas kependudukan lainnya cukup disimpan di dalam handphone (HP) android," ucapnya.

Ditambahkan Gento, dalam hal digital id ini pihaknya tidak menargetkan seluruh masyarakat mendigitalisasikan identitas mereka melalui aplikasi tersebut, karena tidak semua masyarakat memiliki HP Android.

"Sekarang ini kita lakukan bertahap, mulai dari kalangam menengah ke atas yang sudah pasti memiliki HP jenis android," pungkasnya. 

Baca juga: Sebulan Ujicoba KTP Digital, Kepala Disdukcapil Banjarmasin : Aplikasi Berjalan Lancar

Mendeggar hal itu, Arif warga Simpangempat mendukung bila ada kartu digital yang cukup menggunakan HP. Sebab, HP selalu dibawa dan mudah untuk diakses selama ada jaringan internet. 

"Saya sangat setuju karena simpel. Jadi tidak ada lagi bahasa ketinggal KTP karena bisa dibuka di HP yang selalu dibawa kemana-mana. Kami sangat dukung, " katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved