Mata Lokal Memilih

6 Bacalon Anggota DPD RI Dapil Kalsel Perbaiki Syarat Dukungan, KPU Kalsel Tunggu Hingga 24.00 Wita

6 Bacalon Anggota DPD RI masih berupaya memenuhi syarat bukti minimal, KPU Kalsel Tunggu Hingga 24.00 Wita, Minggu (22/1/2023).

Penulis: Eka Pertiwi | Editor: Achmad Maudhody
Banjarmasinpost.co.id
Verifikasi Administrasi Bacalon Anggota DPD RI beberapa waktu lalu. 6 Bacalon Anggota DPD RI masih berupaya memenuhi syarat bukti minimal, KPU Kalsel Tunggu Hingga 24.00 Wita, Minggu (22/1/2023). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Penyerahan berkas perbaikan syarat bukti dukungan bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan (Dapil) Kalimantan Selatan (Kalsel) ke KPU Kalsel ditutup pukul 24.00 Wita, Minggu (22/1/2023).

Sementara ini, ada enam bakal calon yang jumlah dukungannya belum memenuhi syarat.

Mereka yakni Ali Fahmi, Hasnuryadi Sulaiman, Muhammad Hidayatullah, Nanik Hayati, Sayyid Umar Al Idrus dan Habib Zeid Assegaf.

Pasca verifikasi syarat bukti dukungan sebelumnya, bukti dukungan yang diserahkan Ali Fahmi hanya 1.071 yang valid lalu Hasnuryadi Sulaiman sebanyak 1.758, Muhammad Hidayatullah sebanyak 307, Nanik Hayati sebanyak 420, Sayyid Ummah Al Idrus 1.453 serta Habib Zeid Assegaf sebanyak 121 dukungan.

Dikonfirmasi terkait upaya menambah kekurangan bukti dukungan, Ali Fahmi mengaku menyiapkan 1.000 berkas dukungan. Rencananya berkas dukungan perbaikan ini akan diserahkan nanti malam.

“Saya akan menyerahkan pada 23.20 Wita,” katanya.

Sementara itu, Nanik Hayati juga berencana menyerahkan malam ini.

Nanik menjelaskan, saat ini pihaknya terkendala masuk ke Sistem Pencalonan (Silon).

Dikatakannya, timnya kesulitan untuk masuk secara bersamaan untuk memasukan data.

“Gak bisa login bareng tim. Karena kalau bisa login bersamaan akan lebih cepat untuk memasukan data,” katanya.

Baca juga: 6 Pendaftar Calon Anggota DPD RI Belum Penuhi Syarat Bukti Dukungan, KPU Kalsel Beri Waktu Sepekan

Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Selatan, Hatmiati menyebutkan, sekitar pukul 10.00 Wita, Minggu (22/1/2023) Sayyid Ummah Al Idrus sudah menyerahkan perbaikan.

“Hingga saat ini sudah ada tiga bakal calon yang menyerahkan. Kami masih menunggu hingga batas waktu yang ditentukan,” katanya.

Setelah proses ini selesai, KPU kabupaten kota akan melakukan verifikasi administrasi kembali. Dilanjutkan dengan verifikasi faktual.

Jika dalam proses perbaikan ini para bakal calon tidak bisa menambah jumlah dukungan minimal maka akan dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tidak dapat lanjut ke proses selanjutnya.

Sementera itu, pada verifikasi administrasi dukungan minimal pemilih sebelumnya, ada tujuh bakal calon anggota DPD yang memenuhi syarat.

Dari tujuh bakal calon itu, empat di antaranya merupakan petahana.

Mereka yakni Gusti Farid Hasan Aman yang menyertakan jumlah dukungan memenuhi syarat sebanyak 8.616 lalu Habib Hamid Abdullah dengan jumlah dukungan 3.113.

Selain itu ada juga Habib Zakaria dengan 2.168 bukti dukungan, Habib Pangeran Syarif Abdurrahman Bahasyim yang menyertakan 2.264, Antung Fatmawati 2.669 bukti dukungan, Mohammad Sofwat Hadi dengan jumlah dukungan menuju syarat 2.854 serta Muhammad Yamin juga memenuhi syarat dengan jumlah dukungan 2.159.

( Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved