Haul Guru Sekumpul 2023

Siap Amankan Haul ke 18 Guru Sekumpul di Ponpes Darul Ulum, Kapolres HSU Apel Gelar Pasukan

Apel gelar pasukan pengamanan Haul Guru Sekumpul 2023 yang berlangsung di halaman Mapolres HSU ini dipimpin Kapolres AKBP Moch Isharyadi Fitriawan.

Penulis: Dony Usman | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/dony usman
Siap Amankan Haul Guru Sekumpul di Ponpes Darul Ulum, Polres HSU Apel Gelar Pasukan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Jelang pelaksanaan haul ke-18 Guru Sekumpul yang dilaksanakan Ponpes Darul Ulum, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Amuntai Tengah, jajaran Polres Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan apel gelar pasukan, Selasa (24/1/2024) pagi.

Apel gelar pasukan yang berlangsung di halaman Mapolres HSU ini dipimpin langsung Kapolres AKBP Moch Isharyadi Fitriawan.

Hadir juga dalam apel, Dandim 1001/HSU-BLG, Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja, Plt Kasatpol PP Asikin Noor dan juga perwakilan Dishub HSU.

Sedangkan peserta apel, selain dari internal Polres HSU juga ada anggota Kodim 1001/HSU-BLG, satpolpp, dishub dan relawan.

Kapolres dalam arahannya menyampaikan, pengamanan yang diberikan dilakukan terbuka dan tertutup mulai dari pusat kegiatan hingga kawasan sekitarnya dengan tujuan memberikan kenyamanan maupun keamanan bagi jamaah.

Baca juga: Dikosep Mirip Musala Ar-Raudah, Ini Penampakan Panggung Utama Haul Guru Sekumpul 2023 di Martapura

Baca juga: Panitia Haul Guru Sekumpul di Rumah Gubernur Kalsel Sebut Paspampres Minta Ada Toilet Khusus

Selain dari kegiatan pengamanan Polres HSU dan instansi terkait, unsur relawan setempat juga turut terlibat untuk membantu menjaga kelancaran arus lalu lintas.

"Apel gelar pasukan ini sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan pengamanan kegiatan baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, pemda, dan mitra kamtibmas lainnya," ujarnya.

Ini mengingat tingginya antusias masyarakat dalam kegiatan haul ke-18 Guru Sekumpul pada tahun 2023 ini, khususnya pada pelaksanaan di Kabupaten HSU yang bertempat di Ponpes Darul Ulum.

"Seperti yang kita ketahui bersama kegiatan haul Guru Sekumpul ini merupakan agenda rutin tahunan dan terus mengalami peningkatan dilihat dari jumlah jamaah yang hadir dari tahun ke tahun," katanya.

Jemaah yang datang, lanjutnya, ada yang dari luar pulau Kalimantan dan bahkan dari luar negeri juga ikut berhadir dalam pelaksanaan haul Guru Sekumpul tersebut.

Dimana ini tentu saja berimplikasi kepada peningkatan kerawanan terhadap gangguan kamtibmas sehingga diperlukan kesiapan anggota di lapangan untuk mengantisipasinya.

Sehingga diharapkan seluruh petugas untuk saling mendukung, menguatkan serta terus berkoordinasi untuk kelancaran dan keberhasilan kegiatan pengamanan.

"Mengingat pentingnya pengamanan kegiatan haul Guru Sekumpul ini, maka sudah sepatutnya kita harus mampu menjaga stabilitas keamanan sehingga berbagai potensi kerawanan dapat di antisipasi serta tangani secara cepat dan tepat," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id/donyusman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved