Rakat Mufakat

Bupati HSS Tutup Musrenbang Tingkat Kecamatan untuk Dapil II di Telaga Langsat, Hasilkan 58 Usulan

Musrenbang tingkat kecamatan yang digelar di Kecamatan Telaga Langsat rampung, Rabu (25/1/2023). Bupati HSS, H. Achmad Fikry pun hadir langsung.

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Achmad Maudhody
Kominfo HSS untuk BPost
Bupati HSS, H. Achmad Fikry saat menghadiri sekaligus menutup Rangkaian Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan di Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten HSS, Kalsel, Rabu (25/1/2023). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Kecamatan Telaga Langsat resmi menutup rangkaian pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2024, Rabu (25/1/2023).

Adapun Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2024 tingkat kecamatan untuk Dapil II ini dilaksanakan untuk menyerap aspirasi warga meliputi warga Kecamatan Padang Batung, Kecamatan Angkinang dan Kecamatan Loksado dalam pelaksanaan pembangunan.

Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Telaga Langsat ini dilangsungkan di Aula Kantor Kecamatan setempat, Rabu (25/1/2023).

Pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Telaga Langsat ini secara resmi ditutup oleh Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry dan turut dihadiri Anggota DPRD HSS Dapil II, para Asisten, Kepala OPD, MUI, PKK, Kepala Desa, Ketua BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Forum Anak Kecamatan.

Camat Telaga Langsat, Sar Ifansyah melaporkan, pelaksanaan Musrenbang ini diawali dengan kegiatan pra Musrenbang seminggu sebelumnya dan telah disepakati.

"Usulan kegiatan yang termuat dalam daftar panjang usulan sebanyak 100 usulan dan kemudian dikerucutkan dalam daftar pendek menjadi 58 usulan, meliputi bidang infrastruktur ada 22, bidang ekonomi 17 dan sosial budaya ada 19 usulan," jelasnya.

Baca juga: Hadiri Pelantikan PPS, Sekda HSS : Pemilu 2024 Tidak Mudah Karena Itu Jaga Kekompakan

Camat mengatakan, banyak pembangunan yang telah dirasakan baik berupa bangunan yang tampak atau yang mungkin yang tidak tampak tetapi bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat merupakan berkat dukungan dari semua pihak khususnya Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Sementara itu, Bupati HSS, H. Achmad Fikry menyampaikan terima kasih kepada Camat beserta jajarannya yang memfasilitasi Musrenbang kali ini.

Bupati juga mengucapkan terima kasih seluruh kepala desa yang ada di kecamatan Telaga Langsat yang sudah melaksanakan musrenbangdes pada masing-masing desa.

"Ini merupakan mekanisme perencanaan yang harus dilalui, dimana desa bisa menampung berbagai aspirasi masyarakat di desanya masing-masing," jelasnya.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry di Kecamatan Telaga Langsat HSS
Bupati HSS, H. Achmad Fikry saat menghadiri sekaligus menutup Rangkaian Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan di Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten HSS, Kalsel, Rabu (25/1/2023).

Bupati mengatakan, semua usulan yang disampaikan harus dipahami dan dicermati, karena aspirasi masyarakat dengan kebijakan pemerintah itu harus dipertemukan pada saat musrenbang tingkat kabupaten.

"Apabila nantinya ada usulan Kecamatan Telaga Langsat yang belum terakomodir itu bukan berarti tidak diperhatikan tapi ada skala prioritas, karena kita musrenbang di Kabupaten, adalah musrenbang untuk 11 kecamatan," jelasnya.

Ia mengatakan, sepanjang usulan itu bisa ditangani desa, maka diharapkan dapat tangani di desa.

Namun jika diusulkan ke tingkat kabupaten, menjadi kewajiban bersama nanti untuk mencari titik temu antara aspirasi masyarakat dengan kebijakan pemerintah.

"Terima kasih juga saya sampaikan kepada para alim ulama, tokoh masyarakat melalui MUI, Forum komunikasi kecamatan yang selama ini menciptakan suasana yang kondusif sehingga pembangunan bisa berjalan lancar," lanjutnya.

Ia juga berharap kepada mitra kerja dalam hal ini Pihak Legislatif (DPRD) khususnya Dapil II agar turut mengawal musrenbang Telaga Langsat.

Diharapkannya banyak aspirasi rakyat bisa terpenuhi, karena masa jabatan Anggota DPRD masih bertahan hingga Bulan Febuari Tahun 2024.

"Kami selaku Bupati HSS memohon maaf kalau ada keinginan, harapan yang belum terealisasi, bukan kami tidak ingat tetapi semata-mata memang banyak faktor yang mempengaruhi,". tutup Bupati. ( Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)

Berita Terkait :#Rakat Mufakat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved