Tips Sehat

Cara Alami Detoksifikasi Jantung, dr Zaidul Akbar Bagikan Solusi Lewat Produk Fermentasi

dr Zaidul Akbar bagikan cara solusi alami untuk detoksifikasi jantung, simak penjelasan ahli kesehatan ini

Penulis: Mariana | Editor: Irfani Rahman
tangkapan layar kanal youtube dr. Zaidul Akbar Official
dr Zaidul Akbar bagikan solusi alami untuk detoksifikasi jantung 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Penggagas kesehatan ala Rasulullah SAW, dr Zaidul Akbar memberikan solusi alami untuk detoksifikasi jantung melalui makanan tinggi serat.

Makanan yang mengandung serat tinggi, dituturkan dr Zaidul Akbar dapat dikonsumsi rutin agar detoksifikasi jantung secara alamiah dapat terjadi.

Jenis produk makanan yang berkhasiat untuk detoksifikasi jantung di antaranya termasuk dalam produk fermentasi, misalnya tempe.

Detoksifikasi berarti lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun di dalam tubuh, dengan penyerapan, distribusi, biotransformasi dan ekskresi molekul toksin.

Baca juga: dr Zaidul Akbar Terangkan Bahaya Makan dan Minum Berdiri, Ganggu Kesehatan Ginjal dan Radang Sendi

Baca juga: Asam Urat Kambuh dan Menggangu Aktivitas, Ini Cara Alami Mengobatinya

Pada dasarnya, detoksifikasi berarti membersihkan tubuh dari zat-zat racun yang tanpa disadari selalu ada dalam tubuh manusia. Lalu, bagaimana dengan detoksifikasi jantung?

dr Zaidul Akbar menjelaskan dapat dilakukan berbagai hal untuk detoksifikasi jantung, di antaranya yang berhubungan dengan perut.

"Perut akan kait mengait dengan jantung dan otak, jadi kalau jantung dan perut bagus maka otak pun akan bagus, maka tidak terlepas dari makanan yang dikonsumsi, sebaiknya mengkonsumsi makanan tinggi serat," jelas dr Zaidul Akbar dikutip Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube dr. Zaidul Akbar Official.

Termasuk makanan tinggi serat adalah sayur-sayuran yang berwarna hijau tua, misalnya brokoli. Bisa pula makanan yang mengandung prebiotik yang mana bisa didapat dari produk fermentasi atau probiotik contohnya tempe.

Cara memulai hidup sehat tersebut adalah meringankan kerja jantung, dengan memperbanyak minum air putih.

Kemudian mengkonsumsi rempah dan rimpang, air rebusannya bisa diminum di pagi atau malam hari, misalnya jahe, kunyit, lengkuas, serai, dan lainnya.

"Saya minum jahe, kunyit, lengkuas, dan serai dalam jumlah yang sedikit lalu ditambahkan lada hitam secukupnya, tidur saya nyenyak dan tubuh berasa enak, ini karena kandungan dari rempah dan rimpang mengandung serat-serat yang sangat penting bagi tubuh," papar
dr Zaidul Akbar.

Baca juga: Cara Konsumsi Buah agar Nutrisi Terserap Maksimal, dr Zaidul Akbar Imbau Langsung Dimakan

Baca juga: Asam Urat Kambuh dan Menggangu Aktivitas, Ini Cara Alami Mengobatinya

Cara Membuat Minuman Rempah dan Rimpang

Resep dari dr Zaidul Akbar dapat dicoba sendiri di rumah, berikut cara pembuatannya:

1. Siapkan kapulaga dan bunga Lawang

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved