Haul Guru Sekumpul 2023

Ini Rekayasa Lalu Lintas demi Kelancaran Haul Guru Sekumpul 2023, Pemprov Kalsel Siapkan Dermaga

Haul akbar Guru Sekumpul yang terbuka untuk umum dan merupakan inisiatif ulama Banua ini digelar di kediaman pribadi Gubernur Sahbirin Noor

Editor: Eka Dinayanti
BANJARMASINPOST.CO.ID/NURHOLIS HUDA
Dermaga apung di Desa Pekauman Ilir untuk keperluan Haul Guru Sekumpul di rumah pribadi Gubernur Kalimantan (Kalsel), H Sahbirin Noor, di Jalan Kertak Baru, Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Selasa (24/1/2023). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Mendukung kelancaran pelaksanaan haul ke-18 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menerbitkan surat edaran pengalihan rute lalu lintas dan angkutan jalan untuk mengantisipasi kemacetan panjang.

Haul Guru Sekumpul 2023 yang terbuka untuk umum dan merupakan inisiatif ulama Banua ini digelar di kediaman pribadi Gubernur Sahbirin Noor atau Paman Birin di Kampung Keramat, Martapura Timur, Kamis (26/1) malam.

Dalam Surat Edaran Nomor: 451/00317/KESRA yang ditandatangani Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar pada 26 Januari 2023, akan dilakukan penutupan Jalan Martapura Lama dan Jalan Kertak Baru serta Jalan KH. Anang Sya’rani Arif.

Selama haul dan pascakegiatan pada 26-27 Januari 2023 dan pada 31 Januari 2023, kendaraan angkutan bersumbu 3 atau lebih (roda 6 atau lebih) agar tidak beroperasi sepanjang Jalan A Yani.

Baca juga: Magnet Nama Besar Guru Sekumpul, Haul Akbar Dihadiri Pejabat Negara hingga Tokoh Ulama Kalsel

Baca juga: Persiapan Keamanan Menyambut Kedatangan Wapres RI ke Haul Guru Sekumpul 2023

Guna menghindari kemacetan, kendaraan yang akan melewati Jalan A Yani di Kabupaten Banjar pada 26- 27 Januari 2023 akan dialihkan.

Pada pukul 12.00-24.00 Wita masyarakat diminta menggunakan jalur Mataraman-Sungai Ulin.

Sedangkan masyarakat yang melintas dari Kandangan menuju Banjarmasin diminta menggunakan jalur Kandangan-Margasari Marabahan.

Pemprov Kalsel juga menyediakan dermaga bagi masyarakat yang menggunakan mode transportasi sungai.

Sebanyak enam dermaga disediakan, di antaranya tiga dermaga VIP, serta tiga dermaga untuk umum.

Tiga dermaga VIP pertama terletak persis di seberang lokasi haul, dermaga Ponpes Darussalam sebagai jalur turun evakuasi, serta VIP alternatif terdapat di dekat RTH Santri Murung Kenanga.

Sedangkan tiga dermaga untuk masyarakat umum diletakkan di area sungai seberang Jalan Makam, di seberang lapangan Masjid Habib Zein, serta berdekatan dengan dermaga VIP pertama yakni di seberang lokasi haul.( BPost Cetak)

 

 

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved