Breaking News:

Haul Guru Sekumpul 2023

Dukung Haul Guru Sekumpul 2023, SKPD Kalsel Siapkan Warung Makan Gratis, Rest Area hingga 1 Ton Ikan

Sejumlah SKPD Kalsel turut mendukung Haul Guru Sekumpul 2023 dengan menyiapkan Warung Makan Gratis, Rest Area hingga 1 Ton Ikan untuk jemaah haul.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Achmad Maudhody
Dishut Kalsel untuk BPost
Rest area untuk Jemaah Haul Guru Sekumpul 2023 di Kantor Dishut Kalsel. Sejumlah SKPD Kalsel turut mendukung Haul Guru Sekumpul 2023 dengan menyiapkan Warung Makan Gratis, Rest Area hingga 1 Ton Ikan untuk jemaah haul. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Turut berpartisipasi mendukung suksesnya Haul Guru Sekumpul 2023 di Kampung Keramat, Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Dinas Pariwisata Kalsel membuka warung makan gratis di Jalan Martapura Lama.

Lebih spesifik, lokasi warung makan gratis itu berada di Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang tidak jauh dari posko dapur umum 001, Jalan Martapura Lama.

"Kami akan buka warung gratis. Kami sediakan sekitar seribu jajanan gratis nantinya untuk warga dan jemaah haul," kata Kadis Pariwisata Kalsel, Muhammad Syarifuddin, Rabu (25/1/2023).

Selain itu juga ada Dishut Kalsel yang menyediakan rest area dan warung gratis bagi jemaah Haul Guru Sekumpul 2023, lokasinya di Kantor Dishut Kalsel, Jalan Ahmad Yani kilometer 34.

"Kami menyediakan tempat istirahat bagi jemaah yang kelelahan menuju Haul Guru Sekumpul," kata Kadishut Kalsel, Fatimatuzzahra.

Adapun konsumsi yang disediakan yakni kopi, teh, sirup, air mineral, aneka gorengan, kolak hingga nasi bungkus.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyediakan aula untuk jemaah beristirahat dan mushala untuk jemaah melaksanakan shalat.

Baca juga: Sambut Jemaah Haul Guru Sekumpul 2023, Bapelkes Kalsel Sediakan Rest Area dan Posko Kesehatan

"Ada juga toilet dan kamar mandi untuk jemaah haul yang ingin mandi," kata Fatimatuzzahra.

Rest area dan warung gratis ini akan dibuka mulai Kamis (26/1/2023) pagi hingga Jumat (27/1/2023) atau sehari pasca-haul Guru Sekumpul.

"Nantinya petugas kami juga akan standby 24 jam dari besok pagi hingga tanggal 27," beber perempuan yang akrab disapa Aya itu.

Tak cuma itu, Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Kalsel juga ambil bagian dengan menyiapkan satu ton ikan untuk dibagikan ke seluruh dapur umum Haul Guru Sekumpul 2023.

Kadis Perikanan dan Kelautan Kalsel, Rusdi Hartono mengatakan, pihaknya sudah mulai mendistribusikan ikan-ikan tersebut ke relawan dapur umum haul sejak Selasa (24/1/2023).

Baca juga: Berpotensi Hujan Ringan dan Berawan, Ini Perkiraan Cuaca di Martapura  Saat Haul Guru Sekumpul 2023

“Ada dua jenis ikan yang dibagikan, yakni peda dan ikan salmon,” kata Rusdi Hartono.

Lebih lanjut dijelaskan Rusdi, ikan-ikan tersebut dibagikan ke 47 dapur umum dengan pembagian sebanyak 20 sampai 25 kilogram ikan segar di setiap dapur umum.

Dislautkan Kalsel menyerahkan bantuan ikan segar ke dapur umum
Dislautkan Kalsel menyerahkan bantuan ikan segar ke dapur umum Haul Guru Sekumpul 2023. Totalnya mencapai 1 ton.

Selain membagikan satu ton ikan, pihaknya juga menyiapkan kantor Dislautkan Kalsel sebagai tempat rest area untuk para jamaah haul Guru Sekumpul.

“Silahkan kepada para jamaah haul untuk mampir di rest area di kantor kami. Tersedia berbagai snack dan minuman untuk beristirahat,” tuturnya.

Rusdi berharap, dengan turut berpartisipasi memberikan satu ton ikan dan rest area dapat bermanfaat bagi para jemaah Haul Abah Guru Sekumpul.

( Banjarmasinpost.co.id /Nurholis Huda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved