Haul Guru Sekumpul 2023

Jemaah Haul Guru Sekumpul 2023 Diimbau Berhati-hati, Ada Titik Jalan Batola-Banjarmasin Minim Rambu

Jemaah Haul Guru Sekumpul 2023 Diimbau Berhati-hati, ada titik jalan Batola-Banjarmasin yang masih minim rambu dan penerangan.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Achmad Maudhody
Banjarmasinpost.co.id
Salah satu rambu lalulintas di jalur Marabahan-Banjarmasin yang roboh. Jemaah Haul Guru Sekumpul 2023 Diimbau Berhati-hati, ada titik jalan Batola-Banjarmasin yang masih minim rambu dan penerangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Haul Guru Sekumpul 2023 di Martapura Kabupaten Banjar diprediksi bakal dihadiri jemaah dari berbagai daerah termasuk dari Kabupaten Barito Kuala.

Bagi warga Kabupaten Barito Kuala, jalur utama menuju Martapura di Kabupaten Banjar termasuk melalui Kota Banjarmasin.

Bagi warga yang mengambil rute ini, Kepolisian mengimbau pengendara baik roda empat maupun roda dua untuk berhati-hati. Pasalnya sejumlah titik di ruas Jalan Nasional Marabahan Barito Kuala - Kota Banjarmasin masih minim rambu dan penerangan jalan.

Terutama di titik depan Mapolsek Rantau Badauh hingga tikungan tajam Sungai Gampa Asahi hingga menuju arah bundaran Jembatan Rumpiang.

Selain itu adanya sejumlah relawan yang menanti dana sumbangan untuk pembangunan tempat ibadah di pinggir jalan di kawasan tersebut juga berpotensi menjadi hambatan lalulintas.

Kapolsek Rantau Badauh, Iptu Janner Sahite ditemui Banjarmasinpost.co.id, Rabu (25/1/2023) membenarkan, di sejumlah titik di ruas Jalan Nasional tersebut masih minim rambu lalulintas dan penerangan jalan umum.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Besok 26 Januari 2023, Haul Guru Sekumpul 2023 Berpotensi Terjadi Hujan

Iptu Janner Sahite mengharapkan warga yang bepergian menghadiri Haul Guru Sekumpul 2023 di Martapura agar selalu waspada dan mengutamakan keselamatan.

Meski masih minim rambu dan penerangan di malam hari, namun kondisi ruas jalan nasional di Kecamatan Rantau Badauh menurutnya sudah baik dan aspalnya mulus.

"Terutama setelah tikungan dari depan minimarket itu kondisi jalannya lebar. Pengendara mobil agar tidak memacu kecepatan tinggi," ingatnya.

Sementara, Kepala Seksi Lalulintas dan Angkutan Jalan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Kuala, Samsuni mengatakan, pihaknya sudah menerima surat edaran dari Pemerintah Provinsi Kalsel tentang pengalihan arus lalulintas dan angkutan jalan.

Menurutnya pengalihan rute arus lalulintas dan angkutan jalan itu pernah dilakukan pihaknya pada peringatan haul Akbar Guru Sekumpul Martapura sebelumnya.

Baca juga: Sambut Haul Guru Sekumpul 2023, Ketua DPRD Kalsel Siapkan Ribuan Paket Makan dan 500 L BBM Gratis

"Saat itu kondisi jalan di Rantau Bedauh kondisi jalannya rusak sehingga dialihkan ke Sungai Bamban Jejangkit. Kalau saat ini kondisi jalannya sudah aspal mulus sebaiknya dan aman melintas di simpang Handil Bakti Jalan Gubernur Syarkawi," katanya.

Terkait kondisi rambu dan penerangan jalan yang minim, Samsuni mengatakan, karena merupakan jalan Nasional, maka kewenangan pembenahannya berada pada Balai Pelaksana Jalan Nasional dan Balai Pengelola Tranportasi Jalan.

"Mungkin kami mengharapkan pengendara dari wilayah Margasari dan Hulu Sungai melewati Marabahan lebih berhati-hati saat menuju acara peringatan Haul Guru Sekumpul di Martapura," katanya.

( Banjarmasinpost.co.id'> Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved