Korupsi di Kalsel

Mantan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming Bacakan Pledoi di PN Tipikor Banjarmasin

terdakwa mantan Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H Maming bacakan pledoi di PN Tipikor Banjarmasin atas kasus suap dan gratifikasi IUP.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Suasana sidang lanjutan dugaan tindak pidana korupsi dengan terdakwa Mardani H Maming di Pengadilan Negeri Tipikor Banjamasin, Kalimantan Selatan, Rabu (25/1/2023). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sidang kasus dugaan suap dan gratifikasi Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) masih terus bergulir di Pengadilan Negeri Tipikor Banjarmasin.

Sedangkan agenda Senin (25/1/2023), terdakwa mantan Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), membacakan nota pembelaan (pledoi).

Pantauan Banjarmasinpost.co.id, terdakwa Mardani H Maming kembali hadir secara daring, mengenakan kemeja putih, dari Gedung Merah Putih KPK di Jakarta.

Mardani duduk di kursi pesakitan dalam perkara ini, terkait dugaan suap pengalihan IUP Operasi Produksi (OP) di Kabupaten Tanah Bumbu dari PT Bangun Karya Pratama Lestari ke PT Prolindo Cipta Nusantara (PCN).

Baca juga: Pasien Covid-19 Muncul Lagi di Kabupaten Tanah Laut, Menjalani Perawatan di RSUD Hadji Boejasin

Baca juga: Haul ke-18 Guru Sekumpul di Bitahan Tapin Kalsel dipadati Ribuan Jemaah

Dalam perkara ini, Mardani didakwa menerima suap sebesar Rp 118 Miliar.

Pada sidang sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menuntut terdakwa Mardani H Maming dengan hukuman 10 tahun 6 bulan dan denda sebesar Rp 700 juta subsider kurungan pengganti selama 8 bulan kurungan.

Selain itu, jaksa KPK juga menuntut pidana tambahan kepada terdakwa untuk membayar uang pengganti kurang lebih sebesar Rp 118 miliar.

Apabila terdakwa tidak dapat membayar uang pengganti selama satu bulan setelah putusan persidangan dan sudah berkekuatan hukum tetap, maka harta bendanya disita dan dilelang untuk menutupi.

Baca juga: Dapur Umum Gang Brunai Mulai Mengolah Daging Sapi untuk Konsumsi Haul ke-18 Guru Sekumpul

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca 33 Kota di  Indonesia Rabu 25 Januari 2023, Banjarmasin & Surabaya Hujan Petir

apabila terdakwa tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka diganti dengan pidana penjara selama 5 tahun.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Berita Terkait :#Korupsi di Kalsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved