Fakultas Kedokteran ULM

Program Studi Kedokteran Program Sarjana ULM Menggeelar 3rd LUMMENS

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Alpri Widianjono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suasana 3rd Lambung Mangkurat Medical Seminar (LUMMENS) Program Studi Kedokteran Program Sarjana (PSKPS) Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK ULM), Sabtu (24/9/2022).

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Program Studi Kedokteran Program Sarjana (PSKPS) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar 3rd Lambung Mangkurat Medical Seminar (3rd LUMMENS), Sabtu (24/9/2022).

Seminar yang dilaksanakan dua hari atau hingga besok dan secara hybrid ini mengangkat tema, Potensi Sumber Daya Hayati Dalam Mengatasi Masalah Kesehatan di Lahan Basah.

Dan seminar yang diikuti oleh ratusan peserta tersebut dibuka Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FK ULM, dr Istiana, MKes.

Pada hari pertama, pematerinya adalah Prof Dr Fasli Jalal, SpGK, PhD, menyampaikan mengenai Peran dan Fungsi Perguruan Tinggi dalam Pendampingan pada Pemerintah Daerah untuk Program Percepatan Penurunan Stunting.

Kemudian, Dr Isnaini SSi, MSi, Apt, memaparkan materi mengenai Potensi Tanaman Tradisional dalam Mengatasi Masalah Kesehatan di Lahan Basah.

Selanjutnya, Tribowo Ambar Garjito, SSi, MKes, PhD, memaparkan mengenai Malaria: Ancaman Penyakit Tular Vektor di Lahan Basah, Vektor dan Upaya Pengendaliannya.

Kepada awak media, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FK ULM, dr Istiana MKes, menerangkan, ajang ini rutin digelar setiap tahunnya.

Dirinya pun berharap dengan rutinnya digelar seminar seperti ini, diharapkan bisa mendongkrak akreditasi PSKPS sendiri.

"Insya Allah penilaiannya akan lebih bagus dan meningkatkan nilai akreditasi," katanya.

Sementara itu, Koordinator PSKPS FK ULM, Prof Dr dr Triawanti, MKes, menerangkan, seminar LUMMENS ini bertujuan untuk mendiseminasikan hasil-hasil penelitian para dosen, mahasiswa baik internal PSKPS FK ULM maupun institusi lain.

"Selain itu juga untuk memberikan wawasan lebih kepada para peserta dan membuka peluang kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian. Seminar dapat berskala nasional maupun internasional," katanya.

Ajang LUMMENS ke 3 tahun ini, lanjutnya, mengambil tema Potensi Sumber Daya Alam Hayati Dalam Mengatasi Masalah Kesehatan di Lingkungan Lahan Basah yang sesuai dengan visi dan misi PSKPS serta FK ULM. 

"Harapan kami, dengan seminar ini PSKPS FK ULM dapat memberikan kontribusi dalam penanggulangan masalah kesehatan yang terjadi di lingkungan lahan basah khususnya di Kalimantan Selatan," tutupnya.

Pada hari terakhir seminar, yang akan memaparkan materi adalah dr Yusra SpPK (K), PhD, mengenai Update Hepatitis Viral.

Kemudian, Prof Dr dr Triawanti, MKes, memaparkan Potensi Ikan Saluang dalam Mengatasi Masalah Kesehatan di Lahan Basah Terutama Kondisi Stunting.

Dan dr Diauddin, MKes, mengenai Masalah Kesehatan di Lahan Basah. (AOL/*)