Fakultas Kedokteran ULM

Gelar Pengabdian Masyarakat di Martapura Barat, Kedokteran ULM Ajari Warga Manfaatkan Tanaman Obat

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kegiatan pengabdian masyarakat sejumlah dosen dan mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM di Desa Keliling Benteng Ulu, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (23/10/2022).

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Keliling Benteng Ulu, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Minggu (23/10/2022). 

"Pengabdian masyarakat (Pengmas) kali ini berbentuk memberi pengetahuan tentang manfaat tanaman obat keluarga atau Toga, seperti jahe, jeruk nipis yang dapat meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh terhadap serangan virus," ujar Didik Dwi Sanyoto, dosen Fakultas Kedokteran ULM. 

Selama kegiatan Pengmas di lingkungan RT 1 Desa Keliling Benteng Ulu, dihadiri Ketua RT dan masyarakat sekitar, seperti manfaat Toga. 

Setelah memberikan penyuluhan, dilanjutkan dengan memberi tanaman jahe dalam polibag, pupuk dan peralatan pertanian sederhana secara cuma-cuma di masyarakat setempat. 

Didik juga mengaku bersama dua rekannya sesama dosen dan tiga mahasiswa mengajarkan cara membuat toga, yaitu direbus dan dipotong-potong dicampur dengan air hangat beberapa saat sebelum dikonsumsi. 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat itu diakui Didik merupakan lanjutan dari pengabdian masyarakat selama tiga bulan  di desa Keliling Benteng Ulu. 

Kegiatan pengabdian masyarakat sejumlah dosen dan mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM di Desa Keliling Benteng Ulu, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (23/10/2022)

Selama tiga bulan itu, Didik mengaku memberikan pengetahuan dan keterampilan cara membuat kompos dari bahan daur ulang sampah makanan dan tanaman seperti ilung atau Enceng gondok yang banyak di desa tersebut. 

"Harapan kami dengan pengmas toga, angka kesakitan masyarakat dapat ditekan dan meningkat imunitas atau kekebalan tubuh masyarakat dari serangan penyakit atau virus dengan alternatif toga," katanya. 

Ketua Prodi FK ULM, Prof Triawanti mengatakan dosen dan mahasiswa program studi kedokteran progran sarjana (PSKPS) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di  setiap lingkungan RT. 

Kegiatan pengmas itu  merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya. 

"Jadi ada 9 RT dimana masing-masing dengan materi yang berbeda tetapi dengan satu tema yang sama yaitu pemanfaatan dan penanaman tanaman obat keluarga untuk mengobati penyakit dan meningkatkan kesehatan masyarakat," katanya. 

Menurutnya sejak 2021 lalu dari PSKPS FK ULM bekerja sama dengan desa Keliling Benteng Ulu untuk menjadikan  sebagai desa binaan. 

"Ini harapannya banyak kegiatan pengmas dari dosen dan mahasiswa dilaksanakan di Keliling Benteng Ulu," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id. 

Kegiatan pengabdian masyarakat sejumlah dosen dan mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM di Desa Keliling Benteng Ulu, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (23/10/2022).

Hal ini sesuai dengan visi PSKPS yaitu menjadi program studi kedokteran yang unggul dan berdaya saing dalam iptek kedokteran khususnya di lingkungan lahan basah. 

Salah satu misinya yaitu melaksanakan pengabdian masyarakat di lingkungan lahan basah. 

"Desa Keliling Benteng Ulu termasuk desa yang berada di lingkungan lahan basah," tutupnya. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid) 

 

 

Berita Terkini