Berita Banjarmasin

Bandel Buang Sampah di Eks TPS Kuripan Banjarmasin, Siap-siap Terekam Kamera CCTV

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Hari Widodo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Salah satu kamera CCTV dipasang di kawasan eks TPS Kuripan, Kamis (24/11/2022).

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejak kurang lebih setahun yang lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin telah resmi menutup Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Kuripan.

Namun faktanya hingga saat ini, masih saja ada masyarakat yang membuang sampah di lokasi eks TPS Kuripan yang terletak di depan Pasar Kuripan tersebut.

Dan bagi mereka yang masih ngeyel alias membandel dengan tetap membuang sampah ke lokasi ini, siap-siap saja terekam kamera CCTV.

Ya, pasalnya Pemko Banjarmasin saat ini sudah merealisasikan pemasangan CCTV di kawasan eks TPS Kuripan ini.

Baca juga: Pengunjung Keluhkan Bau Tak Sedap dari Tumpukan Sampah di Eks TPS Pasar Kuripan Banjarmasin

Baca juga: DLH Rencanakan Pasang CCTV di Eks TPS Pasar Kuripan, Warga Tertangkap Buang Sampah Bakal Didenda

Dari pantauan banjarmasinpost.co.id, Kamis (24/11/2022) di lokasi, setidaknya ada tiga kamera CCTV yang dipasang di seputaran eks TPS Kuripan tersebut. 

Satu titik kamera CCTV dipasang dipasang di sebuah bangunan ruko yang ada di belakang eks TPS Kuripan. Sementara dua kamera lainnya ada di dua tiang listrik di seberang jalan.

Mereka yang membuang sampah akan terekam dengan kamera yang ada di belakang eks TPS Kuripan, karena kamera diarahkan ke eks TPS.

Sementara dua kamera lainnnya yang berada di seberang jalan atau di dua tiang listrik, bisa merekam arah kedatangan bahkan juga transportasi yang digunakan untuk membuang sampah ke lokasi tersebut.

"Dalam minggu-minggu ini sudah dipasang kamera CCTV di eks TPS Kuripan. Ada tiga kamera yang kita pasang disana," ujar Muryadi selaku Penata Jaringan di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Banjarmasin.

Muryadi menambahkan salah satu alasan pemasangan CCTV di eks TPS Kuripan ini dikarenakan adanya keluhan warga sekitar.

"Karena warga sekitar merasa terganggu, karena TPS sudah ditutup tapi masih saja ada yang membuang sampah disana," jelasnya.

Muryadi membeberkan dengan adanya kamera CCTV yang bisa dipantau melalui Command Center Pemko Banjarmasin, maka nantinya para pelaku pembuang sampah di eks TPS Kuripan bakal terekam nantinya.

"Ada tiga CCTV dipasang, Insya Allah akan terekam dan dari tiga sisi. Termasuk dari arah mana jalannya," katanya.

Baca juga: Sampah Menumpuk di Eks TPS Pasar Kuripan, Satpol PP Kota Banjarmasin Siap Laksanakan Yustisi

Dan tak kalah penting, Muryadi menerangkan bahwa kamera CCTV yang sudah dipasang tersebut ditargetnya secepatnya berfungsi.

"Kalau pemasangan kamera dan jaringan listrik sudah selesai, tinggal menunggu pemasangan jaringan internet dari provider. Mudah-mudahan minggu depan sudah berfungsi," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)



Berita Terkini