Sport

Demi Kemajuan Beladiri di Daerahnya, Atlet HST Ini Berlatih dengan Para Legenda Karate Dunia

Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Noval (baju Kuning), saat mengikuti pelatihan internasional di Jakarta.

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sepuluh tahun lalu, semasih sekolah SMA, setiap akhir pekan pemuda asal Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan ini berlatih karate ke Banjarmasin.

Libur sekolah memang selalu ia manfaatkan untuk menimba ilmu sebagai atlet.

H Noval Syahrizal, demikian sosok pemuda ini, ia memang cangkal (rajin) berlatih.

Meski bolak-balik tiap akhir pekan ke ibukota provinsi dengan biaya sendiri, tak ada lelahnya.

"Seringnya itu naik sepeda motor, bisa sendirian atau berboncengan teman. Latihan seminggu sekali, menginap satu malam, Minggu langsung pulang ke Barabai karena besok harus sekolah lagi," ujarnya mengenang masa itu.

Baca juga: Tampil Perdana di Porprov XI Kalsel, Atlet Karate Forki Banjarmasin Ini Raih Medali Emas

Baca juga: Atlet Karate Banjarmasin Noval Peraih 2 Medali Emas dan 1 Perak Ingin Dapatkan Beasiswa Kuliah

Baca juga: Tim Karate Kalsel Optimis Pertahankan Tradisi Medali di Pomnas 2022 Sumatera Barat

Banjarmasin memang barometer olahraga di Kalsel terutama karate, itulah alasan Noval gigih ikut berlatih di ibukota demi kemajuan dirinya yang kala itu masih atlet yunior.

Kini, Noval yang bekerja sebagai honorer Satpol PP di lingkungan Pemkab HST, masih sebagai atlet sekaligus mengabdikan dirinya untuk kemajuan atlet karate di Bumi Murakata.

Di perguruan karate Lemkari, Noval membina atlet-atlet di Dojo Murakata mulai usia dini hingga senior.

Hasilnya, beberapa binaannya berhasil berprestasi walaupun masih di tingkat Kalimantan.

Tak puas diri dengan kemampuan yang ada, demi kemajuan atlet, Noval dalam setahun ini mengikuti berbagai even besar yang tak hanya untuk prestasinya tapi juga pengalaman yang bisa dibagikan kepada para atlet.

Oktober lalu ikut Kejurnas Forki di Padang, Sumatera Barat, kemudian November bertanding di Porprov XI Kandangan dan bersambung mengikuti pelatihan internasional di Jakarta sekaligus Kejuaraan Dunia Seri A WKF (World Karate Federation).

Dari Kalsel sebanyak sembilan atlet, termasuk Noval yang mengikuti pelatihan internasional bersama legenda karate Indonesia yang berkarir di Swiss, Umar Syarif.

Kemudian adalagi Tareq Abdessalem, kepala pelatih karate Kazakhstan serta beberapa pelatih dari Hongkong, USA dan Vietnam.

Adapun atlet yang turut berlatih antara lain Vietnam, Kamboja, Hongkong, USA, Inggris, Thailand, Filipina, Kazakhstan, Swedia dan beberapa negara lainnya dengan jumlah 100 lebih peserta.

Halaman
12
Tags:

Berita Terkini