BanjarmasinPost/
Home »

Bisnis

» Makro

Bisnis Online

Gila-gilaan! "Hari Jombo" Alibaba di China Pecahkan Rekor Belanja Online Rp 341 Triiun

Antusiasme konsumen Negeri Panda ternyata luar biasa. Sejak event belanja online Hari Jomblo dimulai pada Sabtu

Gila-gilaan!
Twitter
Sebuah layar menampilkan penghitungan nilai transaksi Alibaba dalam ajang Hari Jomblo 2017 di China. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Akhir pekan ini, raksasa e-commerce China, Alibaba, kembali menggelar festival belanja online tahunan dalam rangka Singles' Day alias "Hari Jomblo".

Antusiasme konsumen Negeri Panda ternyata luar biasa. Sejak event belanja online Hari Jomblo dimulai pada Sabtu, 11 November dini hari hingga ditutup pada tengah malam di hari yang sama, Alibaba mencatat nilai transaksi sebesar 168,2 miliar yuan atau lebih dari Rp 341 triiun.

Jumlah tersebut merupakan rekor transaksi belanja online terbesar di dunia, serta lebih tinggi 39 persen dari rekor sebelumnya sebesar 120,7 miliar yuan yang juga dicatat oleh Alibaba pada event Hari Jomblo pada 2016.

Nilai transaksi belanja online Hari Jomblo di China pun lebih besar dibandingkan gabungan event Black Friday dan Cyber Monday di Amerika Serikat yang juga merupakan festival diskon beken.

"Ini adalah ajang besar untuk China, untuk ekonomi China," ujar pendiri sekaligus vice chairman Alibaba, Joseph Tsai, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNBC, Minggu (12/11/2017). "Di Hari Jomblo, belanja adalah olahraga dan hiburan," imbuhnya.

Alibaba mencatat, sebanyak 90 persen transaksi dalam Hari Jomblo dilakukan lewat perangkat mobile. Saat sedang sibuk-sibuknya, server Alibaba menangani 256.000 transaksi per detik.

Setidaknya 82 brand mencatat nilai penjualan sebesar 100 juta yuan (Rp 203 miliar) di ajang Hari Jomblo Alibaba, termasuk Nike, Xiaomi, dan Uniqlo.

Alibaba turut mengundang sejumlah selebriti internasional untuk memeriahkan kick off ajang Hari Jomblo di kota Shanghai, seperti aktris Nicole Kidman dan rapper Pharrell Williams.

Sesuai namanya, Singles' Day atau Guanggun Jie dalam bahasa China pada awalnya merupakan festival para jomblo di Negeri Tirai Bambu yang bangga akan kesendirian mereka. Tanggalnya adalah 11 November (11/11) karena angka "1" melambangkan individu yang sendiri.

Belakangan, para pelaku e-commerce China ikut nimbrung dengan menebar aneka promosi di Hari Jomblo sehingga festival tersebut berubah menjadi ajang belanja online terbesar sedunia.

Guys! Barita ini juga ada di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help